Proyek Jalan Diklaim Baru Capai 30 Persen

  • Whatsapp

SUKABUMI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi mengklaim pembangunan infrastruktur jalan di wilayah Kota Sukabumi mencapai 30 persen. Saat ini, 30 persen pembangunan tersebut di 13 titik paket proyek. Hal itu disampaikan Kepala Dishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman kepada Radar Sukabumi, kemarin (6/10).

Ia menyebutkan, ke 13 paket merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD Kota Sukabumi itu , semuanya mencapai Rp14 miliar.

Bacaan Lainnya

“Samppai saat ini, rata-rata progres pengerjaan infrastruktur jalan baru segitu (30 persen, red). Makanya, secara berkelanjutan akan terus kita evaluasi progres pengerjaannya,” ungkap Abdul.

Ia menambahkan, proses evaluasi yang dilakukannya itu secara berjenjang. Artinya, secara internal jajarnnya melakukan setiap satu minggu seklai dan secara ekternal itu dilakukan satu bulan seklai.

“Khusus internalnya, evaluasi melibatkan juga konsultan pengawas. Sedangkan secara eksternal kita lakukan pengawasan dengan melibatkan aparat penegak hukum seperti dari kepolisian maupun kejaksaan,” katanya.

Soalnya kata Abdul, hal itu dapat meminimalisir terjadinya penyalahgunaan spesifikasi konstruksi jalan yang sudah direncanakan. Pasalnya, ke 13 paket proyek yang dibiayai dari DAK sebesar Rp12 miliar dan dari APBD sebesar Rp2 miliar itu, harus direalisasikan dengan sebaik-baiknya.

“Jangan sampai, ada indikasi penyalahgunaan itu diketahui di akhir pekerjaan. Kan nanti harus merombak lagi. Kalau ada deteksi dini penyalahgunaannya, kita bisa lakukan perbaikan dengan cepat. Makanya sejak awal kita terus kawal,” terangnya.

Lanjut Abdul, semua pengerjaan proyek infrastruktur pembangunan dan peningatannya harus selesai di akhir tahun sekarang. Pasalnya, hal itu sudah disepakati oleh setiap pihak ketiga yang sudah melakukan kerja sama dengan dirinya. Meskipun menurutnya, ada beberapa kendala dalam pembangunan jalan beton.

“Tapi kita coba upayakan bisa memenuhi permintaan itu sesuai dengan target. Minimalnya tingkat elevasi tidak kurang dari 10%. Artinya, kalaupun ada kekurangan harus di bawah 10%,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Hanafie Zain mengungkapkan, dirinya membenarkan proyek peningkatan dan pembangunan infranstuktur jalan yang berada di Dinas Perhubungan nilainya sekitar Rp14 miliar.

Bahkan menurutnya, dirinya juga sudah memantai secara langsung beberapa pembangunan yang sudah dilkakukan oleh pihak ketiga di beberapa lokasi.

“Sudah saya cek, semuanya sedang berjalan. Jadi, bukan hanya pekerjaan itu saja yang saya cek tapi semua pekerjaan yang harus selesai di bulan Desember sekarang saya cek. Karena, saya tidak mau semuanya tidak berjalan dengan baik,” terangnya. (Cr5).

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *