PPKM Darurat, Diskumindag Kota Sukabumi Tunda Izin PIRT Sertifikasi Halal

  • Whatsapp

CIKOLE- Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan ( Diskumindag) terpaksa harus menunda agenda Program Sertifikat Laik Hygiene, dan sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Sertifikasi Halal.

Padahal kegiatan tersebut sudah teragendakan di bulan ini untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Pembinaan dan Pemberdayaan Usaha Mikro pada Diskoperindagin Kota Sukabumi, Martin Wahyudi menjelaskan, seharusnya program tersebut dapat terlaksanakan du bulan Juli ini, namun karena saat ini sedang dilaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang telah dimulai sejak tanggal 3 sampai 20 Juli, maka kegiatan tersebut ditunda dulu sementara waktu.

“Yah, program PIRT dan Sertifikat Halal gratis untuk pelaku UMKM kami tunda dulu, karena saat ini ada penerapan PPKM darurat”ujar ,saat ditemui di Kantornya, kemarin (14/7).

Rencananya, fasilitas Sertifikat Laik Hygiene gratis akan diberikann kepada 50 orang pelaku UMKM, sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) 100 orang pelaku UMKM.

Untuk sertifikat halal belum tertidak lanjuti karena ada hal teknis di MUI Jawa Barat.

“Untuk PIRT sebetulnya sudah samapai pada tahap penyuluhan keamanan pangan oleh Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dan tinggal proses pendaftaran,”terang dia.

Selain kedua program tersebut, lanjut Martin, di bulan Juli 2021 juga telah direncanakan untuk menggelar pelatihan kemasan bagi 30 orang pelaku UMKM.

Namun, kegiatan ini pun tidak mungkin dilaksanakan dimasa PPKM darurat, sehingga kegiatan ini pun terpaksa ditunda dahulu.

“Sejumlah kegiatan tersebut sudah terjadwalkan dan teranggarkan. Mudah – mudahan dapat kita laksanakan setelah selesai PPKM,”pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *