Pemerintah Kota Sukabumi

Pemkot Sukabumi Galakan Tanam Bawang Merah

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Pemerintah Kota Sukabumi menggalakan penanaman bawang merah untuk mampu memenuhi kebutuhan lokal. Hal ini ditandai dengan penanaman bawang merah oleh Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi di Kampung Cibitung RW 04 Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Selasa (7/7).

Kegiatan itu dihadiri pula Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Andri Setiawan dan kelompok tani di Cibeureum. “Kami melaksanakan penanaman bawang merah karena menjadi salah satu komoditas menguntungkan,” ujar Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi disela-sela bercocok tanam.

Untuk itu Pemkot mengimbau kepada petani menggalalakan tanam bawang merah. Harapannya kualitas bawang merah grade tipe A menjadi menguntungkan dan lahan pertanian di Sukabumi layak ditanami bawang. “Untuk tahap pertama sentra bawang berada disini karena ada pengusaha dan kelompok tani baru,” katanya.

Nantinya ketika berkembang akan ada sentra lainnya dan mudah-mudahan bawang asal Sukabumi mampu bersaing dengan produksi bawang dari Brebes, Jawa Tengah. ” Kami berharap bawang Sukabumi ini bisa berkualitas dan bersaing dengan daerah lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DKP3 Kota Sukabumi Andri Setiawan mengatakan, penanaman bawang ini menjadi salah satu cara menjaga ketahanan pangan di masyarakat. Salah satunya dengan mengembangkan tanaman bawang merah. “Sukabumi miliki potensi bawang merah yang tidak kalah dibanding yang lain,” ujar Andri. Harapannya bawang jadi produk pertanian unggulan. (Bal/rs)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button