Enam Kegiatan Pemberdayaan Terlaksana

  • Whatsapp
Kegiatan sosialisasi PHBS dan pemberdayaan perempuan yang dibiayai dari dana kelurahan 2019 untuk Kelurahan Cikundul.

RADARSUKABUMI.com – Bantuan Dana Kelurahan pada 2019 di Kelurahan Cikundul menurut Lurah Cikundul H Agus Heryanto, SH, MM direalisasikan pada dua kegiatan, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan infrastruktur.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Bacaan Lainnya

Lurah Cikundul, Agus Heryanto, SH, MM menerangkan untuk kegiatan pemberdayaannya ada enam kegiatan dan sudah selesai dilaksanakan. Sedangkan untuk pembangunan infrastruktur sedang berjalan di September.

Adapun kegiatan pemberdayaan yang didanai bantuan Dana Kelurahan 2019, menurutnya, difokuskan pada enam kegiatan. Keenamnya antara lain, pertama, imbuh Agus, Bimtek RT/RW se-Kelurahan Cikundul.

” Inti dari Bimtek RT/RW untuk peningkatan kapasitas RT/RW khususnya di bidang pertanahan dan administrasi pemerintahan termasuk Undang-Undangnya,”katanya kepada Radar Sukabumi, kemarin. Sebanyak 50 peserta mengikuti Bimtek RT/RW tersebut. Pelaksanaannya di Aula Kelurahan Cikundul.

Kegiatan pemberdayaan kedua, menurutnya, pelaksanaan Bimtek Linmas yang bertujuan meningkatkan kompetensi Linmas dalam rangka membantu aparat kelurahan koramil/polsek dalam Kamtibmas dan siap siaga menghadapi bencana.

“Bimtek Linmas menghadirkan pemateri Kasi Trantib Kecamatan Lembursitu, polsek, koramil, dan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),”terangnya Bimtek dilaksanakan pada Agustus dan diikuti sebanyak 56 Anggota Linmas se-Kelurahan Cikundul di Aula Kelurahan Cikundul.

Agus kembali menerangkan untuk pemberdayaan yang ketiga adalah pelatihan kewirausahaan di kalangan kawula muda se-Kelurahan Cikundul. Menurutnya, pelatihan wirausahawan muda ini terbagi dua, yakni pelatihan budidaya magot dengan menghadirkan pemateri dari Sukabumi Kece dan belanja on line dengan pemateri dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Ummi).

“Pelatihan kewirausahaan yang diikuti 50 peserta ini bertujuan membentuk usaha baru di kalangan kawula muda khususnya di Kelurahan Cikundul,”katanya.

Ia melanjutkan kegiatan pemberdayaan keempat yang didanai dari dana kelurahan adalah Sosialisasi kelurahan Sadar Wisata dan Cinta Lingkungan Hidup bagi Kelompok Masyarakat Penggerak Wisata. Pelatihan yang diikuti oleh sebanyak 60 peserta dari pengurus Kompepar dan perwakilan 10 RW ini bertujuan membangun kesadaran masyarakat dalam pengembangan pariwisata dan peduli terhadap kelestarian hidup sehingga menggali potensi wisata di lingkungannya.

Adapun kegiatan pemberdayaan kelima adalah sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pemberdayaan perempuan bagi pengurus PKK dan kader posyandu. Pemberdayaan tersebut menurutnya bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan peningkatan kualitas dalam rangka membantu ketahanan dan perekonomian keluarga. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 60 kader PKK dengan pemateri dari Dinkes, Dinas Lingkungan Hidup, dan Sukabumi Kece.

Sedangkan pemberdayaan yang terakhir atau keenam yang juga didanai dari Dana Kelurahana adalah pelatihan Wawasan Kebangsaan bagi para tokoh agama dan masyarakat. “Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 peserta dari pengurus DKM, majelis taklim, LPM, tokoh ulama setempat dan masyarakat. Bertujuan untuk merajut tali persatuan dan kesatuan antar umat beragama dengan pemateri dari kesbang, polsek dan pihak kecamatan,”pungkasnya.

Sementara itu, lurah menerangkan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur yang didanai Dana Kelurahan 2019 baru mulai pada September ini. (*)

Senantiasa Motivasi dan Evaluasi

Untuk meningkatkan kinerja staf pegawai Kelurahan Cikundul, Lurah Cikundul H Agus Heryanto, SH, MM menerangkan bahwa pihaknya selalu briefing bersama staf Kelurahan Cikundul seminggu sekali.

Hal ini, menurutnya untuk memotivasi para staf dan mengevaluasi apa yang telah dikerjakan. “Dan memusyawarahkan perencanaan kegiatan ke depannya supaya lebih optimal dalam pencapaiannya,”katanya kepada Radar Sukabumi, kemarin. (*/dit)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *