Kecamatan Gunungpuyuh

Si Kalem, Inovasi Pelayanan Publik Terbaru

Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi

RADARSUKABUMI.com – Camat Gunung Puyuh Fajar Rajasa, memamerkan mesin pelayanan publik yang khusus didisainnya memberikan kenyamanan kepada seluruh warga Kecamatan Gunung Puyuh.

Mesin Si Kalem ini bentuk dari adanya kerja sama dari seluruh pegawai kecamatan untuk memberikan gebrakan baru di 2019 serta upaya untuk mewujudkan Gunung Puyuh Religius, Inovatif dan Humanis (Gurih).

“Sesuai dengan amanat Walikota dan Wakil Wali Kota periode 2018-2023 yakni harus adakan perbaikan secara berkesinambungan khususnya terhadap pelayanan publik maka kami menciptakan mesin berbentuk ATM yang kami beri nama Sistem Kotak Layanan Elektronik Mandiri (Si Kalem),” ujar Fajar kepada wartawan.

Mesin Si Kalem tampak seperti mesin ATM, warga bisa mendapat petunjuk penggunaan mesin ini dari Customer Servis yang nanti akan disiapkan untuk melayani warganya.

Fajar menyampaikan inovasi tersebut diharapkan dapat meredam keluhan masyarakat terhadap pelayanan pegawai kecamatan atau kelurahan terkait lamanya proses, antrian panjang, atau lain sebagainya.

“Warga tinggal datang membawa KTP untuk memasukan no NIK dan klik tombol yang diinginkan jika perlu surat keterangan domisili atau surat keterangan lainnya lalu scan barcodenya tanpa berhadapan langsung dengan staff.

Saat itu juga surat yang diperlukan akan keluar dari mesin, ” pungkasnya. Untuk sementara lima buah mesin Sikalem akan disebarkan ke empat kelurahan yang dinaungi Kecamatan Gunung Puyuh dan satu lagi akan ditaro di kantor kecamatan.

“Saya yakin sekali inovasi Sikalem ini pertama kali ada di Indonesia, dan semoga kedepannya kami bisa menyediakan mesin ini di lingkungan publik juga seperti keberadaan ATM yang kita tahu sangat mudah dijangkau oleh masyarakat. Insya Allah Februari kami akan launching Si Kalem,” tutupnya.(cr5/s)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button