Kecamatan Citamiang

Karang Taruna Citamiang Bersihkan Sungai

CITAMIANG – Patut dicontoh apa yang dilakukan oleh Karang Taruna Mandiri Sejahtera, Kelurahan/Kecamatan Citamiang. Dibawah kepemimpinan baru Raden Koesoemo Hutaripto, langsung melakukan gebrakan dengan membersihkan aliran sungai Babakan Emang dan Babakan Sanur sepanjang dua kilometer.

Kepada Radar Sukabumi, Ketua Karang Taruna Mandiri Sejahtera, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Raden Koesoemo Hutaripto mengungkapkan, gerakan perdana Karang Taruna ini berangkat dari keprihatinan akan kualitas sungai.

“Gerakan membersihkan sungai ini merupakan rangkaian kegiatan launching kepengurusan karang taruna yang baru, dimana para pemuda harus ikut terlibat menjaga kualitas lingkungan sekitar,” jelas Raden kepada Radar Sukabumi, Minggu (3/11).

Menurut Raden, selama ini masyarakat menganggap aliran sungai sebagai halaman belakang rumah, sehingga kurang begitu peduli terhadap kebersihannya. Bahkan, tidak sedikit warga yang membuang sampah sembarangan dialiran sungai.

“Kami (karang taruna,red) akan merubah cara pandang masyarakat terhadap sungai. Bahkan, kedepan kami selain kebersihannya dijaga juga bakal dihiasi dengan ikan sehingga ekosistemnya tetap terjaga,” terangnya.

Raden berharap, kedepannya pemuda dan masyarakat sadar akan kualitas lingkungan terutama aliran sungai. Kegiatan membersihkan sungai ini, bakal menjadi agenda rutinan dari karang taruna.

“Sungai yang dibersihkan kurang lebih sepanjang dua kilo meter, ada sekitar 60 pemuda yang terlibat ditambah dengan warga sekitar. Semoga saja, pemuda peduli lingkungan,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Citamiang, Kecamatan Citamiang, Dadang Setiawan mengapresiasi gerakan perdana dari kepengurusan baru karang taruna tersebut. Bahkan, pihaknya bakal terus mendorong kegiatan dari karang taruna tesebut.

“Kejutan bagi saya, karena memang sebelumnya belum ada gerakan seperti ini. Tentunya, melihat gerakan yang dibangun oleh kepengurusan karang taruna mandiri sejahtera ini kedepannya kami akan terus berkolaborasi,” pungkasnya. (upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *