Dinding Sungai Cibandung Terancam Longsor

  • Whatsapp
Sungai Cibandung yang berlokasi di Kelurahan Sriwidari
BUTUH PERBAIKAN: Kondisi Sungai Cibandung yang berlokasi di Kelurahan Sriwidari, Kecamatan Cikole.

CIKOLE – Dinding sungai Cibandung di Kelurahan Sriwidari, Kecamatan Cikole berpotensi ambrol. Kondisi dinding sungai semakin terkikis sehingga menyebabkan empat rumah yang terletak disekitarnya terancam tergerus longsor.

Lurah Sriwidari, Didin Rosidin mengatakan, lokasi yang cukup rawan terhadap ancaman longsor itu terletak di RW 05 dan 09. Apalagi, saat ini kondisinya cukup mengkhawatirkan, dinding-dinding tebing dari sungai tersebut semakin terkikis dan meluas mendekati pemukiman warga.

Bacaan Lainnya

“Kemungkinan terburuknya jika sampai terjadi longsor bisa menyebabkan empat rumah yang berada diatasnya bisa ikut tergerus, “kata Didin, belum lama ini.

Didin menjelaskan, kondisi tersebut cukup membuat warga khawatir, terlebih arus dari sungai Cibandung cukup kuat jika sedang masuk musim hujan, bahkan pada tahun 2019 lalu arus sungai tersebut sempat membuat tempat penahan tanah (TPT) di samping SMK AMS jebol, sehingga menyebabkan beberapa ruang kelas dan rumah warga terendam.

“Meskipun saat ini tembok pembatas sungainya sudah diperbaiki setelah peristiwa tahun 2019 lalu, tapi masih ada kemungkinan terjadi hal serupa jika terjadi cuaca ekstrem,”jelasnya.

Didin mengungkapkan, pihaknya sudah melaporkan hal tersebut kepada Dinas PUPR Kota Sukabumi untuk segera ditangani, namun untuk sementara kami ataupun pihak PUPR menyarankan agar pemilik rumah harus mau direlokasi untuk mencegah hak yang tidak diinginkan.

“Namun ternyata pemilik rumah tidak mau direlokasi, alasannya mereka tidak mempunyai tempat tinggal lain. Tapi kami tetap memantau dan memberi pengarahan agar selalu waspada selama tebing-tebing yang rawan longsor belum selesai ditangani,” pungkasnya. (upi/t)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *