Kredit Anyelir Sukabumi Rp1,3 Miliar Mulai Digulirkan

  • Whatsapp
Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi saat berfoto bersama dengan Tim Sukabumi Kece, beberapa waktu lalu.

PEMKOT SUKABUMI – Kredit Anyelir yang merupakan program unggulan Walikota Sukabumi dan Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Andri Hamami akhirnya mulai digulirkan. T

ahun ini, program yang difokuskan pada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan dikucurkan dana sebesar Rp1,3 miliar. Bantuan dana bergulir tersebut dikelola oleh salah satu koperasi yang tergolong sehat.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah luncurkan bantuan modal untuk pelaku UMKM di Kota Sukabumi. Dan pengelolanya oleh koperasi PLN,”ujar Walikota Sukabumi Achmad Fahmi.

Fahmi mengungkapkan, bantuan dana bergulir tersebut dikhususkan untuk para UMKM yang sudah terdaftar dan mengikuti pendidikan di Sukabumi Kelurahan entrepreneur Center (Sukabumi Kece). Soalnya kata Fahmi, ini merupakan program turunan.

Artinya, para UMKM yang masuk di Sukabumi Kece yang sudah dilatih serta dibina selanjutnya masuk ke kredit anyelir.

” Ini sudah menjadi kesepakatan awal, UMKM yang bisa mendapatkan bantuan kredit anyelir itu, yang sudah dididik di Sukabumi Kece. Bahkan pekan ini juga sudah ada penyaluranya kepada mereka,”jelasnya.

Tapi kata Fahmi, penyalurannya tetap ada rekomendasai dari tim Sukabumi Kece, sebab mereka (tim) juga akan terus melakukan pengawasan terhadap UMKM yang mendapatkan kredit anyelir.

” Harus ada rekomendasi dari tim Sukabumi Kece ketika UMKM akan mengajukan kredit anyelir tersebut,”ujarnya.

Fahmi juga mengungkapkan alasan lembaga koperasi sebagai penyalur kredit anyelir. Sebab, jika dikelola oleh perbankan tentunya harus ada anggunan, ataupun down payment (DP). Intinya, lanjut Fahmi ingin mempermudah para UMKM.

“Sengaja kita pilih koperasi agar tidak ada anggunan,”katanya.

Fahmi berharap, dengan adanya kredit anyelir ini para pelaku UMKM yang dibina di Sukabumi Kece, terus tetap bersemangat serta mampu mengembangkan usah mereka.

Sehingga kata Fahmi, bisa menjadi pelaku-pelaku usaha yang mampu membangkitkan perekonomian di Kota Sukabumi, termasuk mencipatkan lapangan usaha baru.

“Manfaatkan kredit ini sebaik-baiknya, sebab kita pantau terus penggunaan dana kredit anyelir tersebut,”pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *