Swadaya Masyarakat Ciptakan Wisata Air

  • Whatsapp
Warga Kampung Cikeong, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi memanfaatkan sungai untuk kawasan wisata body rafting.

RADARSUKABUMI.com – Semangat gotong rotong yang dilakukan warga Kampung Cikeong, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi patut dicontoh.

Para warga ini mensulap sungai yang berada di wilayahnya menjadikan area wisata. Aliran sungai yang menghubungkan antara Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi dengan Kecamatan Baros Kota Sukabumi tersebut akan dijadikan body rafting.

Bacaan Lainnya

” Ide wisata ini memanfaatkan arus sungai yang cukup baik digunakan untuk kegiatan body rafting,” ujar Penggagas Kegiatan Taopik Wahidin.

Selain itu, kata Taopik warga juga akan membuatkan arena jogging track yang memanfaatkan lahan sekitar setengah haktare. Rencannya itu panjang arena jogging track tersebut sekitar 4 Km.

” Ini salah satu cara untuk menarik wisata. Bisa berlari dan juga menikmati wisata air,” ungkapnya.

Semua proses penataan kawasan tersebut dilakukan secara swadaya oleh masyarakat. Baik dari fasilitas penunjang body rafting hingga jogging track.

“Segala bentuk biaya dan apapun semuanya dilakukan seccara swadaya oleh masyarakat. Mereka bergotong royong menjadikan daerahnya menjadi salah satu destinasi wisata di Sukabumi,” ungkapnya.

Dengan wisata ini nantinya bisa menggerakan perekonomian di wilayahnya. Bahkan bila perlu menjadi keuntungan untuk pemerintah daerah.

” Bahkan bila memungkinkan, bisa membantu PAD (Pendapatan Asli Daerah) pemerintah. Apalagi jika area ini ramai dikunjungi ke depannya,” pungkasnya. (bal)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *