Kelurahan Baros Siapsiaga Bencana

  • Whatsapp
Kelurahan Baros
Kelurahan Baros Kota Sukabumi saat menggelar bimtek Siapsiaga bencana dengan menggunakan dana kelurahan.

KOTA SUKABUMI – Dalam upaya mengantisipasi terjadinya bencana di wilayah Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, pihak kelurahan Baros mengadakan bimbingan teknik kesiapsiagaan bencana. Kegiatan tersebut diikuti oleh ketua RT, RW dan Linmas dengan menggunakan anggaran dana kelurahan.

“Iya kita kumpulkan ketua RT , RW dan Linmas. Kita bekali mereka pengetahuan kesipasiagaan bencana,” ujar Lurah Baros, Budi Ruswandi kepada Radar Sukabumi, Senin (22/11).

Bacaan Lainnya

Kesiapsiagaan bencana ini kata Budi sangat bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga ketika nanti terjadi bencana, masyarakat sudah siap dan langkah-langkahnya sudah mereka ketahui.

“Peran ketua RT, RW nanti yang akan mensosialisasikan kembali kepada warga. Jika terjadi kebakaran , gempa dan lainnya mereka sudah mengetahui antisipasinya,” ungkapnya.

Untuk di wilayah Baros kata Budi yang harus diantisipasi yakni bencana gempa. Karena wilayah Baros ini termasuk wilayah patahan sesar Cimandiri. “Sebagai daerah patahan sesar Cimandiri tentunya ini harus diantisipasi oleh warga,” ungkapnya.

Tak hanya itu, masalah bencana kebakaran pun menjadi perhatian pihak kelurahan. Bahkan dalam kesempatan ini kelurahan menyerahkan bantuan Alat pemadam api ringan (Apar) kepada para ketua RW.

“Ya kita sebar 18 unit Apar untuk setiap RW yang ada di wilayah Baros. Ini dalam upaya penanganan awal jika terjadi kebakaran di wilayahnya,” jelasnya.

Sementara itu ditambahkan Budi kelurahan Baros sendiri masih menyisakan dua kegiatan lagi yang didanai oleh dana kelurahan. Rencana sampai akhir tahun ini dua kegiatan tersebut akan segera dilakukan kepada PKK dan kader Posyandu.

“Kita ada empat agenda, untuk Karang taruna sudah selesai pekan lalu. Kini, para RT RW dan kedepannya PKK dan Posyandu,” pungkasnya. (Bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *