Optimalkan Capaian PAD Kota Sukabumi, DPRD Minta Bentuk Satgasus

Wawan Juanda
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi, Wawan Juanda

SUKABUMI – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi, Wawan Juanda mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang saat ini dinilai masih belum optimal. Pasalnya, dari data evaluasi pajak daerah pada tahun 2021 ditarget sebesar Rp50.495.372.637 dan berhasil terealisasi Rp 54.440.991.542.

“Hingga saat ini, PAD Kota Sukabumi yang bersumber dari sektor pendapatan pajak daerah, masih bisa dioptimalsisakan kembali,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, Wawan Juanda kepada wartawan, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Lanjut Wawan, saat ini terdapat sembilan pajak daerah yang dapat dioptimalkan yakni, hotel, resto, hiburan, reklame, penerangan jalan, parkir, air tanah, PBB dan BPHTB.

“Untuk pendapatan dari pajak daerah, memang melebihi target. Realisasinya, mencapai Rp54 miliyar lebih dari target Rp50 miliyar. Tetapi, saya meyakini seharusnya bisa lebih dari segitu,” ujarnya.

Wawan menegaskan, pencapaian hasil PAD Kota Sukabumi seharusnya bisa lebih dioptimalkan kembali. Bahkan Wawan meyakini, dengan kondisi pembangunan saat ini, pendapatan dari sektor pajak, bisa lebih besar. “Saya yakin, seharusnya bisa diangka Rp80 sampai Rp90 miliyar. Karena itu, pencapaian PAD harus lebih dioptimalkan,” tegasnya.

Sebab itu, DPRD bakal berupaya mendorong Pemerintah Kota Sukabumi untuk dapar mendongkrak PAD salah satunya dengan pembentukan Satuan Petugas Khusus (Satgasus).

“Nanti pada rapat pembentukan pansus di rapat paripurna, akan saya usulkan untuk pembentukan Satgasus peningkatan PAD Kota Sukabumi. Kami nanti akan meminta kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi, selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), untuk bisa mengoptimalisasikan kembali PAD,” pungkasnya. (bam/radar sukabumi)

Wawan Juanda
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi, Wawan Juanda

Pos terkait