Masuk Sukabumi, Hewan Ternak Luar Daerah Diperketat

AKBP SY Zainal Abidin
Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin

SUKABUMI — Polres Sukabumi Kota, memperketat masuknya hewan ternak dari luar daerah khususnya wilayah yang terjangkit penyakit mulut dan kuku. Hal itu, dilakukan guna mencegah penyebaran virus yang bisa menyebabkan kelumpuhan hingga kematian pada hewan ternak.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin mengatakan, Polres Sukabumi Kota sudah menyiapkan personel di beberapa titik yang menjadi lokasi atau pintu masuk ke wilayah hukum Polres Sukabumi Kota untuk melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang mengangkut hewan ternak dari luar daerah.

Bacaan Lainnya

“Belum lama ini, anggota memberhentikan dan menahan sementara dua unit truk berisi 18 ekor sapi asal Magelang, Jawa Tengah pada Kamis (19/5/2022) saat melintas di jalur Sukabumi-Cianjur, tepatnya di Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. Setelah diperiksa ternyata truk itu mengangkut sapi dari Magelang,” kata Zainal kepada wartawan, Senin (23/5).

Pihaknya, menahan sementara truk pengangkut sapi itu karena dari hasil pemeriksaan sopir tidak bisa menunjukkan surat keterangan kesehatan hewan ternak dan hanya dilengkapi surat pengelolaan pasar di Pemerintah Desa Semampiran, Kecamatan/Kabupaten Pati, Jateng.

“Pada operasi pencegahan penyakit mulut dan kuku ini kami juga dibantu petugas kesehatan hewan dari Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, dalam hal penindakan terhadap hewan ternak memamah biak yang masuk ke wilayah hukum Polres Sukabumi,” bebernya.

Menurutnya, Polres Sukabumi Kota juga sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengeluarkan surat penolakan pengiriman hewan ternak masuk ke wilayah Sukabumi.

“Karena dikhawatirkan hewan ternak itu membawa virus penyebab penyakit mulut dan kuku karena tidak dilengkapi surat keterangan kesehatan hewan dari asal daerah sapi tersebut,” ucapnya.

Pihaknya menghimbau, para peternak dapat lebih waspada terhadap penyebaran virus yang bisa menyebabkan kelumpuhan sampai kematian pada hewan tersebut. “Karena itu, kami tidak hentinya meminta warga agar lebih waspada dan dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (bam)

Polsek Sukalarang Sapi
KHAWATIR PMK: Petugas gabungan saat memberhentikan dua unit kendaraan truk yang berisikan 18 ekor sapi asal Magelang Jawa Tengah di pos pengamanan Sukalarang karena alasan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Pos terkait