LSL Dominasi Kasus HIV

  • Whatsapp

SUKABUMI — Kasus Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Kota Sukabumi, terus mengalami peningkatan. Terbukti, dari data Sistem Informasi HIV (SIHA) Dinkes Kota Sukabumi selama Januari hingga Mei 2021 terdapat sebanyak 75 kasus dengan didominasi kalangan Laki-laki Suka Laki-laki (LSL).

Sekertaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya mengatakan, dari sebanyak 75 kasus yang ditemukan ini dinataranya, 37 LSL, 23 pasanga beresiko tinggi, 20 pelanggan, 8 populasi penguna Napza suntik (Penasun) dan 5 wanita pekerja sek.

Bacaan Lainnya

“Ya, kalau melihat dari data SIHA Dinkes Kota Sukabumi pada tahun ini kasus HIV didominasi kalangan LSL yang jumlahnya mencapai 37 kasus dan keduanya pasangan beresiko tinggi,” kata Fifi kepada Radar Sukabumi, Senin (21/6).

Dari sisi usia, lanjut Fifi, kebanyakan yang mengidap HIV ini merupakan usia 25 sampai 49 tahun yang jumlahnya mencapai 56 kasus, 12 usia 15 sampai 19 tahun, tiga usia 50 tahun, tiga usia 15 sampai 19 tahun dan satu usia empat tahun. “Memang sampai saat ini usia produktif kebanyakan yang mengidap HIV ini. Ya, usia masa sekolah,” ucapnya.

Adapun, dari jumlah total kasus ini yakni, 35 orang mengidap AIDS dan 40 orang mengidap HIV. Sedangkan, 50 merupakan laki-laki dan 25 perempua. “Dari 75 kasus ini, penduduk Kota Sukabuminya hanya 13 orang. Rinciannya, 24 laki-laki dan 9 perempuan. Jadi kebanyakan warga dari luar Kota Sukabumi,” imbuhnya.

Menurutnya, jumlah penemuan kasus HIV dan AIDS saat ini mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan sebelum adanya penyebaran Covid-19. Pasalnya, masyarakat saat ini kebanyakan enggan melakukan tes HIV/AIDS.

“Tahun ini masyarakat banyak yang tidak melakukan tes HIV. Sebab itu, jumlahnya cukup sedikit. Kami akan berupaya terus melakukan sosialisasi mulai sekolah SMA hingga kampus untuk menekan kasus HIV/AIDS,” pungkasnya. (bam/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *