KPU Kota Sukabumi Umumkan 195 Orang Lulus Tes Wawancara PPS

KPU Kota Sukabumi Ratna Istianah
Komisiomer KPU Kota Sukabumi, Ratna Istianah

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi mengumumkan, sebanyak 195 orang lulus dalam seleksi tes wawancara calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Komisioner KPU Kota Sukabumi, Ratna Istianah mengatakan, tahapan mengenai seleksi calon anggota PPS, telah menyelesaikan tes wawancara dengan jumlah kelulusan peserta sebanyak 195 orang untuk 33 Kelurahan.

Bacaan Lainnya

“Jadi dari total yang lulus itu, di setiap kelurahannya diambil dua kali kebutuhan. Berarti enam orang per kelurahan. Selanjutnya, nanti yang tiga orang bakal ditetapkan menjadi anggota PPS dan tiga orang lagi sebagai pengganti, apabila dikemudian salah satu diantaranya meninggal dunia atau memundurkan diri,” ujar Ratna saat dihubungi Radar Sukabumi, Kamis (19/1).

Ratna menjelaskan, penilaian tes wawancara ini tekait pengetahuan kepemiluan, loyalitas dan itegritas. Kemudian, rekam jejak atau pengalaman beroganisasi.

“Jadi pada intinya calon anggota PPS harus independen dan bukan bagian dari partai politik. Selain itu yang dapat mempengaruhi lulus tidaknya, ada tanggapan dari masyarakat terhadap calon PPS tersebut,” jelasnya.

Lanjut Ratna, setelah pengumuman tes wawanacara, tahap selanjutnya yaitu penetapan anggota PPS. Nantinya akan dilakukan rapat rapat pleno yang akan dilaksanakan tanggal 20 Januari 2023.

“Jadi nanti bakal ditetapkan, siapa yang menjadi angggota PPS dan sesuai tahapan setelah penetapan, akan langsung dilantik pada tanggal 24 nanti,” pungkasnya. (Cr4/t)

Pos terkait