KPU Kota Sukabumi Bentuk Kelurahan Peduli Pemilu, Tingkatkan Kualitas Pemilih

  • Whatsapp
Ketua KPU Kota Sukabumi, Sri Utami
Ketua KPU Kota Sukabumi, Sri Utami saat melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Pemkot Sukabumi dengan KPU Kota Sukabumi di Balaikota. Jumat (24/9).

RADAR SUKABUMI – Dalam meningkatkan kapasitas, peran dan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Sukabumi menggulirkan program Desa/Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3). Peluncuran DP3 itu langsung dilakukan oleh Ketua KPU Republik Indonesia Ilham Saputra di Balai Kota Sukabumi, Jumat (24/9).

“Sebelumnya, kita lakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Pemkot Sukabumi dengan KPU Kota Sukabumi tentang kemitraan dalam rangka meningkatkan kapasitas, peran dan partisipasi Pemilih melalui program DP3. ini merupakan rencana strategis KPU,” ujar Ketua KPU Kota Sukabumi, Sri Utami.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Sri dengan adanya program ini KPU mencoba mendorong masyarakat pemilih agar mandiri, kritis, bertanggungjawab dan tumbuh kesadaran dalam berpartisipasi aktif di pemilu dan pemilihan 2024.

Program ini pun sebagai sarana pendidikan pemilih berkelanjutan dan berkesinambungan untuk membangun pengetahuan kepedulian masyarakat. Terutama meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu dan pemilihan akan datang.

“Langkah awal kerjasama dengan Kelurahan Gunungparang Kecamatan Cikole. Alhamdulillah lurah responsif dan kooperatif dengan himpun 25 kader akan jadi corong sosialisasi sukseskan pemilu dan pemilihan 2024,” jelasnya.

Sri menjelaskan untuk partisipasi pemilih di Kota Sukabumi berhasil melebihi target nasional. Pada pemilu 2014 mencapai 79 persen, pada pilkada 2018 sebesar 78 persen dan pemilu 2019 sebesar 86 persen. Artinya menunjukkan keberhasilan bukan hanya KPU melainkan kerjasama semua pihak terutama dengan pemkot.

Ketua KPU RI Ilham Saputra mengatakan KPU memberi apresiasi Kota Sukabumi melaksanakan DP3 untuk tingkat perkotaan dengan kolaborasi bersama pemkot. Hal ini jadi contoh kolaborasi KPU dan pemerinta persiapkan pelaksanaan pemilu 2024.

“Kami apresisasi kegiatan mewujudkan DP3 yang diinisiasi KPU Kota Sukabumi dan Pemkot Sukabumi, “katannya.

Dirinya Berharap dapat menciptakan pemilih rasional, tidak mau disuap dan tidak mau disogok uang karena memilih berdasarkan visi dan misi pasangan calon.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *