Kang Lukman Minta Pemprov Jabar Bangunkan SMA Negeri di Tiga Kecamatan Kota Sukabumi

  • Whatsapp

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Salah satu problem menahun jelang tahun ajaran baru adalah sistem zonasi sekolah di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) jenang negeri. Bagian ini mendapat perhatian yang sangat serius bagi anggota DPRD Kota Sukabumi Lukmansyah.

Ketua Fraksi PKS pada DPRD Kota Sukabumi itu mengatakan bahwa perlu ada konsep zonasi sekolah pada jenjang SMA Negeri, khususnya di Kota Sukabumi. Diketahui bahwa konsep zonasi sekolah yakni calon peserta didik baru dapat bersekolah di satuan pendidikan yang sesuai dengan zona tempat tinggal kecamatannya.

“Kita berharap bahwa SMA dengan konsep zonasi sekolah ada pemerataan hampir setiap kecamatan. Artinya jarak itu menentukan,” kata Lukmansyah saat kegiatan pansus LKPJ 2020 di Kantor BAPPEDA Jabar, Senin (19/4/2021).

Lukman memaparkan bahwa tidak semua kecamatan di Kota Sukabumi memiliki SMA negeri. Disebutkannya seperti Kecamatan Lembursitu, Kecamatan Baros dan Kecamatan Warudoyong. Sehingga jika dikembalikan pada konsep zonasi sekolah maka akan terjadi ketidakmerataan.

“Sehingga siswanya terlalu jauh sampai ke kota. Kita berharap Pemprov Jabar bisa mefastilitasi keberadaan SMA jenjang negeri, karena memang belum ada,” ujar pria yang karib disapa Kang Lukman.

Politisi PKS itu menegaskan lagi keinginannya bahwa Pemprov Jabar harus dapat segera membangun SMA negeri pada tiga kecamatan yang belum memiliki tersebut. “Ya, saya kira kecamatan Lembursitu, Baros dan Warudoyong harus segera dibangunkan SMA negeri oleh Pemprov Jabar jika merujuk pada zonasi sekolah,” tuntasnya. (izo/rs)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *