DPUTR Kota Sukabumi Himbau Jangan Nyampah di Ruang Publik

DPUTR Kota Sukabumi
Sejumlah petugas kebersihan DPUTR Kota Sukabumi saat membersihkan sampah di Lapang Merdeka

CIKOLE — Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi, menilai kesadaran masyarakat dalam membuang sampai pada tempatnya masih minim. Bagai mana tidak, petugas kebersihan masih disuguhkan sampah yang berserakan di ruang publik seperti Lapang Merdeka dan Alun-alun.

Kasi Pertamanan DPUTR Kota Sukabumi, Fajar Rahmansyah mengatakan, petugas DPUTR rutin melakukan himbauan kepada pengunjung di Lapang Merdekan dan Alun-alun. “Ya, apalagi kalau Sabtu dan Minggu kami rutin melakukan himbauan kepada para pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan,” kata Fajar kepada Radar Sukabumi, Rabu (15/6).

Bacaan Lainnya

Lanjut Fajar, DPUTR sudah menyediakan tong sampah sebanyak 70 unit yang tersedia di Lapang Merdeka dan Alun-alun untuk para pengunjung membuang sampah. Tetapi, masih banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

“Padahal di dua lokasi tersebut sudah banyak tong sampah tetapi masih banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan,” bebernya.

Bahkan, sambung Fajar, sampah yang dihasilkan setiap Sabtu dan Minggu dari dua lokasi ini tidak kurang dari 16 kubik yang didominasi sampah plastik. “Kalau hari biasa paling sampahnya hanya delapan kubik bisa dimuat menggunakan satu dump truk dengan kapasitas sekitar delapan kubik. Tetapi pada Sabtu dan Minggu bertambah dua kali lipat sekitar 16 kubik sampah,” ungkapnya.

Menurutnya, DPUTR Kota Sukabumi bakal terus berupaya melakukan himbauan kepada para pengunjung agar dapat menjaga kebersihakan di ruang publik. “Kami akan terus nerupaya menghimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan dan juga perlu menjaga fasilitas bublik yang ada,” pungkasnya. (bam/radar sukabumi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan