DLH Targetkan 30 Persen Sampah Ke TPA

  • Whatsapp

CIKOLE– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi akan berupaya untuk mengurangi volume sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikundul. Hal tersebut untuk memperpanjang umur TPA Cikundul, karena area TPA sangat terbatas.

” Kita targetkan 30 persen sampah masuk ke TPA sementara 70 persen di olah di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST),” ujar Kepala Seksi Kebersihan Wilayah I, Rahmat.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, jika TPA Cikundul cepat penuh, tentunya Pemkot Sukabumi akan kewalahan mencari tempat penampungan sampah. Kapasitas TPA Cikundul yang luasnya kurang lebih 10,5 hektare sangat terbatas. ” Kalau memang volumenya berkurang sudah pasti akan memperpanjang umur TPA,” ujarnya.

Rahmat menambahkan, dalam upaya mengurangi sampah yang masuk ke TPA diharapkan masyarakat ikut terlibat dalam pengelolaan dan pengolahan sampah.

Partisipasi masyarakat dalam upaya memanfaatkan sampah dapat mengurangi beban TPA Cikundul. “Sampah harus dikelola di setiap TPST sehingga bagian yang dibuang ke TPA dengan sendirinya akan lebih sedikit,” akunya.

Untuk itu, DLH melakukan bimbinga teknik kepada para petugas di TPST yang ada di wilayah Kota Sukabumi. Dalam kegiatan itu, pihaknya mencoba untuk menggiatkan pemanfaatan sampah menjadi barang kerajinan yang bernilai ekonomi.

” Bisa saja pengolahan sampah berupa kerajinan tangan atau kompos, kami akan membantu untuk memfasilitasi penjualannya,” pungkasnya.

 

(bal/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *