Disdukcapil Kota Sukabumi Luncurkan Identitas Digital

Disdukcapil Kota Sukabumi
Disdukcapil Kota Sukabumi saat memeberikan pelayanan kepada masyarakat

SUKABUMI — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi, meluncurkan identitas digital sebagai salah satu solusi agar Administrasi Kependudukan (Adminduk) tidak hilang atau rusak.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi mengatakan, identitas digital ini dapat diakses melalui gadget. “Keuntungan dari program identitas digital ini tentunya tidak pernah rusak. Karena, kalau di blangko itu bisa rusak dan hilang tetapi kalau digital bisa diakses kapan saja tanpa takut akang rusak serta hilang,” kat Kardina kepada wartawan, Rabu (10/8).

Bacaan Lainnya

Sejauh ini, lanjut Kardina, saat ini para pegawai Disdukcapil Kota Sukabumi sudah mengantongi identitas digital serta program tersebut terlebih dulu bakal menyasar para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi.

“Jadi program ini, baru diberlakukan hanya untuk para pegawai Disdukcapil dan sekarang sudah mulai menyasar ASN Pemkot Sukabumi, agar bisa mengantongi identitas digital” ujarnya.

Setelah selesai ASN Pemkot Sukabumi, sambung Kardina, Disdukcapil baru akan mensosialisasikannya kepada mahasiswa, agar nantinya bisa ikut membantu Disdukcapil kembali mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Nah setelah mahasiswa, baru nanti ke masyarakat. Kami berupaya mendahulukan yang memang bisa dikoordinasi dengan cepat. Nanti aplikasinya di download, kemudian diverifikasi, jadi tetep harus datang kesini,” bebernya.

Dengan adanya program identitas digital ini, Kardina meminta masyarakat bisa menyambut dengan baik dan memohon pengertian karena proses verifikasi harus datang ke kantor Disdukcapil Kota Sukabumi.

“Jadi nanti identitas digital ini akan diverifikasi, jadi tetep harus datang kesini. Jika masyarakat yang memang nanti banyak yang datang dimohon pengertiannya, karena kan perlu diverifikasi satu per satu,” pungkasnya. (bam)

Disdukcapil Kota Sukabumi
Petugas Disdukcapil Kota Sukabumi saat melakukan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan

Pos terkait