Diduga Penculik Anak di Kota Sukabumi, ODGJ Jadi Bulan-bulanan Warga

Polsek Citamiang Sukabumi
Polsek Citamiang saat mengamankan ODGJ di wilayah Cijangkar, Kecamatan Citamiang, Kamis (9/3).

CITAMIANG– Jagat media sosial Sukabumi dihebohkan dengan potongan video, yang merekam dugaan kasus penculikan anak di wilayah Cijangkar, Kecamatan Citamiang, Kamis (9/3/2023).

Dalam potongan video yang beredar itu, nampak seorang ibu-ibu paruh baya sedang dikerumuni warga. Tidak hanya itu, terlihat dua anggota kepolisian setempat menjaga lokasi kejadian sekaligus mengamankan terduga penculikan anak ini.

Bacaan Lainnya

Kapolsek Citamiang, AKP Arif Sapta Raharja mengatakan, setelah menerima laporan dari warga, Polsek Citamiang langsung menuju lokasi kejadian dan mengamankan yang diduga penculik tersebut.

Kejadian tersebut bukan merupakan penculikan melaikan sebuah kesalah pahaman dan terduga pelaku Orang Dalam Gangguan Kejiwaan (ODGJ).

“Ya, ini kesalahpahaman, sesuai dengan keterangan warga itu merukan ODGJ dan warga sana juga,” kata Arif kepada wartawan, Kamis (9/3).

Arif menjelaskan, sesuai keterangan insiden terjadi bermula ketika ODGJ berniat untuk memberikan jajanan kepada anak itu dengan dibawa kerumahnya. Kemudian, dilihat oleh warga dan disangka akan melakukan penculikan.

“Jadi setelah diketahui warga, ODGJ ini langsung diteriaki culik dan sempat menjadi sasaran amukan warga. Dan memang ODGJ itu diketahui menyukai anak – anak sehingga sering memberikan jajanan,” jelasnya.

Terkait kejadian itu, kini sudah ditangani Polsek Citamiang. Namun, karena terduga pelaku merupakan orang yang mengalami kejiwaan, sehingga tidak dilakukan penahanan dan proses penyelidikan lebih lanjut.

“Kami sudah membawanya ke RSUD R Syamsudhin SH guna dilakukan penanganana kesehatan. Usia dilakukan penyelidikan dia itu memang mempunyai surat riwayat sakit hanya saja suratnya dibakar berikut obatnya,” tutupnya. (bam)

Pos terkait