Berikan Kemudahan, KPU Kota Sukabumi Sosialisasikan Aplikasi SIAKBA

KPU Kota Sukabumi
KPU Kota Sukabumi foto bersama dengan sejumlah elemen masyarakat dan instansi terkait disela-sela sosialisasi pembentukan badan Adhoc di Hotel Horison, Jumat (18/11).

CIKOLE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA). Hal itu sebagai salah satu upaya untuk mempermudah masyarakat yang akan mencalonkan diri menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Komisioner KPU Kota Sukabumi, Ratna Istianah mengatakan, aplikasi SIAKBA ini diklaim sebagai aplikasi yang mengedepankan transparansi dalam pendaftaran menjadi anggota PPK, sehingga bisa diakses oleh semua orang dan pendaftarannya bisa dilakukan di mana pun.

Bacaan Lainnya

“Jadi masyarakat yang mau daftar PPK ini tidak harus datang ke kantor KPU, tetapi di rumah pun bisa daftar dan langsung menggunakan aplikasi SIAKBA. Karena saat ini, semuanya sudah berbasis digital, jadi masyarakat harus pandai mengoprasikan gedgetnya,” ujar Ratna, Kepada Radar Sukabumi usai kefiatan sosialisasi pembentukan badan Adhoc di Hotel Horison, Jumat (18/11).

Menurutnya, KPU Kota Sukabumi baru membuka pendaftaran PPK pada 20 November, mendatang. Di mana KPU Kota Sukabumi membutuhkan 35 orang, untuk mengisi salah satu badan Adhoc di tingkat kecamatan yang nantinya akan ditetapkan sebanyak lima orang untuk di setiap kecamatan.

“Kami membutuhkan sebanyak 35 orang PPK. Mereka akan disebar di tujuh kecamatan yang ada di Kota Sukabumi,” sambungnya.

Dia berharap, kemudahan dan transparansi pendaftaran badan Adhoc ini akan meningkatkan minat masyarakat untuk bergabung. Karena transparansi ini sudah seharusnya di lakukan, supaya masyarakat lebih percaya terhadap KPU. Selain itu KPU Kota Sukabumi membuka help desk, hal itu untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendaftar melalui SIAKBA.

“Jadi Semakin banyak yang mendaftar, semakin bagus untuk mendapatkan PPK terbaik. Dan bagi masyarakat yang kesulitan mengakses siakba, bisa kita bantu penginputannnya di KPU oleh petugas help desk yang kami sediakan,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Walikota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami yang turut menghadiri acara sosialisasi mengatakan, peran serta Pemerintah Kota Sukabumi menjelang Pemilihan Umum Serentak tahun 2024 memperlihatkan keseriusan dalam mendorong demokrasi di negara ini.

Sejak satu minggu lalu, Pemkot Sukabumi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah melakukan perekaman KTP elektronik pemilih mula.

“Salah satu hal yang penting dalam penyelenggaraan pemilu yaitu keberadaan penyelenggara pemilu di setiap tingkatan. Maka dengan adanya pembentukan badan ad hoc ini harus menjadi perhatian kita semua. Pemerintah Kota Sukabumi akan mendorong peran serta dan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pesta demokrasi,” pungkasnya. (cr4/t).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *