Baznas Kota Sukabumi Cetak 200 ribu Kupon Zakat Fitrah

  • Whatsapp
Ketua Baznas Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya
Ketua Baznas Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya

SUKABUMI – Badan Amal Zakat Nasional ( Baznas) Kota Sukabumi sudah menyebarkan sebanyak 200 ribu kupon zakat fitrah. Kupon Zakat fitrah tersebut sudah disebarkan sebelum bulan Ramadan.

” Kita lakukan itu dari jauh hari, harapannya lebih cepat lebih baik dan bisa didistribusikan ke masyarakat,” ujar Ketua Baznas Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya kepada Radar Sukabumi, kemarin (15/5).

Bacaan Lainnya

Adapun besaran Zakat fitrah untuk wilayah Kota Sukabumi sebesar Rp. 32 ribu, terdiri dari zakat fitrah sebesar Rp. 30 Ribu dan infak Rp. 2 ribu.

Untuk Target pendapatan zakat fitrah sendiri kata Fifi, diharapkan bisa diatas angka Rp. 2,5 miliar.

” Penyebaran kupon pun termasuk ke Pemerintah Kota Sukabumi dan seluruh SKPD. Target bisa mencapai Rp 2,5 Miliar bahkan lebih,” terangnya.

Mekanisme pengumpulan zakat dan infak tambah Fifi, diserahkan kesetiap wilayah. Soalnya ditingkat Kecamatan, kelurahan bahkan masjid jami sudah ada Unit Pengelolaan zakat (UPZ).

” Jadi sudah setiap tahun mekanismenya tidak berubah masih seperti tahun lalu,” katanya. Sementara untuk dana infak yang terkumpul dari wilayah kata Fifi akan disalurkan pada asnab dan diluar asnab.

” Ya seperti kebencanaan dan lainnya,” tambahnya.

Terkait data untuk pengumpulan zakat fitrah di wilayah dari masyarakat belum bisa terkumpul, sebab masih banyak yang belum melakukan pembayaran zakat.

Meski sambung dia, pihaknya sudah melakukan himbauan agar pembayaran zakat fitrah lebih cepat lebih baik.

“Misalnya di wilayah saya aja, biasanya kan melalui RT di masjid, pada saat ditanyakan, nanti saja dekar- dekat lebaran.

Ya sudah menjadi tradisi yang seharusnya sudah afdol awal ramadan, ternyata banyak yang inginnya menjelang Idul Fitri, bahkan ada yang menjelang Shalat Idul fitri,” pungkasnya. (Bal)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *