Bawaslu Kota Sukabumi Gencar Pecegahan Kampanye Melalui APS

Bawaslu Kota Sukabumi
Sejumlah peserta antusias mengikuti rapat pengawasan yang digelar Bawaslu Kota Sukabumi di Aula Kecamatan Lembursitu, Rabu (18/10).

LEMBURISTU – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Sukabumi, menggelar rapat pengawasan pencegahan kampanye melalui alat peraga sosialisasi (APS) yang diselenggarakan di Aula Kecamatan Lembursitu, Rabu (18/10).

Ketua Bawaslu Kota Sukabumi Yesti Yustia Asih mengatakan, kegiatan pencegahan kampanye melalui APS pada tahapan pencalonan Presiden dan Wakil Presiden RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), DPRD Provinsi Jawa Barat, DPRD Kabupaten dan Kota Sukabumi ini untuk menyamakan persepsi terkait dengan pengawasan APS.

Bacaan Lainnya

“Adapun, kegiatan saat ini dihadiri Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se Kecamatan Lembursitu,” kata Yesti kepada Radar Sukabumi, Rabu (18/10).

Yesti menerangkan, saat ini belum diperbolehkan adanya pemasangan alat peraga kampanye karena belum memasuki masa kampanye. “Hari ini, diperbolehkan itu hanya memasang alat peraga sosialisasi. Hanya saja, pasangan alat peraga sosialisasi tersebut jangan juga melanggar harus sesuai aturan PKPU nomor 15 tahun 2023,” terangnya.

Menurutnya, jika ada yang masih membandel memasang alat peraga kampanye maka Bawaslu bakal segera menertibkannya APS. “Dengan adanya kegiatan ini, pengawas Pemilu diharapkan semakin kompak, semakin solid dan sama persepsinya mana saja APS yang melanggar dan tidak melanggar,” cetusnya.

Menjelang Pemilu 2024 mendatang, Bawaslu sudah melakukan berbagai persiapan seperti, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal penanganan pelanggaran, penyelesaian sengketa, pengawasan hingga pencegahan.

“Dengan begitu, jika nanti menemukan adanya pelanggaran atau permohonan sengketa dapat menyelesaikannya dengan baik. Sebelum ketahapan itu, tentunya kami juga sudah melakukan pencegahan melalui himbaun dan saran perbaikan,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *