Akun Medsos Pengusaha Restoran di Kota Sukabumi Dihack, Pembobol Minta Tebusan

Akun Medsos di hack

SUKABUMI – Akun Instagram (IG) Sono_space milik Dede Mulyana Saputra pengusaha restoran di Jalan Kenari, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, dibobol hacker. Akibatnya, dua orang warga harus kehilangan uang sebesar Rp9,5 juta akibat modus yang dilakukan hacker tersebut.

“Awalnya sekira pukul 1.00 WIB, Selasa 28 Mei 2024 lalu, ada yang mengirim pesan melalui WhatsApp kepada nomor saya yang juga digu- nakan akun IG.

Bacaan Lainnya

Tanpa curiga, saya balas dan pada pagi hari saat hendak buka IG tiba-tiba akunnya logut sendiri,” ungkap Dede Mulyana Saputra kepada Radar Sukabumi, Rabu (29/5).

Pada pagi harinya, lanjut Mulyana, akun tersebut ada postingan promo Handphone (HP) bermerk dengan harga murah.

Hal itu, mengundang beberapa peminat hingga akhirnya ada warga yang tertipu dengan mengeluargan uang Rp9 juta.

“Ya, pas siang hari ada oeang yang datang katanya udah transfer uang Rp9 juta. Selang beberapa waktu, ada lagi yang tertipu saru orang Rp580 ribu,” cetusnya.

Karena adanya korban yang tertipu, akhirnya pemilik akun tersebut segera membuat laporan Polisi untuk mencegah terjadinya hal serupa.

“Kami sudah membuat laporan polisi. Karena memang sangat merugikan. Hacker ini, merubah nomor WA dan nomor rekening yang tertera di akun IG saya,” bebernya.

Tak cukup di situ saja, sambung Dede, pelaku hacker juga kembali menghubungi dengan meminta sejumlah uang untuk ditransferkan melalui BRI dengan nomor rekening 727401018438538 atas nama Indri Oktarina.

“Ya, dia menawarkan untuk mengembalikan akun tersebut dengan harus membayar terlebih dulu kepada nomor rekening tersebut,” imbuhnya.

Dede meminta, agar masyarakat lebih cemat lagi saat ada orang yang membagikan promo barang berharaga dengan harga yang murah.

“Intinya jangan mudah tergiur karena banyak orang tidak bertanggungjawab yang endingnya melakukan penipuan. Dan kami minta agar masyarakat bisa mem- bantu melaporkan akun IG tersebut agar segera diblokir,” tukasnya. (Bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *