Kecamatan CikoleKOTA SUKABUMI

2020 Masih adakah P2RW?

CIKOLE, RADARSUKABUMI.com – Program Pembangunan Rukun Warga (P2RW) di tahun 2020 nampaknya masih menjadi pertanyaan, apakah akan diluncurkan kembali atau ditiadakan. Hal tersebut berkaitan dengan adanya program Dana Kelurahan oleh Presiden RI, sehingga Pemerintah Kota Sukabumi akan melakukan kajian. “Masih dilakukan
pengkajian apakah P2RW masih dilaksanakan atau tidak,” kata Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi usai penyerahan penghargaan kepada peserta terbaik Kompetisi Inovasi Penanggulangan Kemiskinan di salah satu hotel di Jalan Suryakencana Kota Sukabumi, baru-baru ini.

Fahmi belum bisa memastikan dilanjutkan atau tidaknya program tersebut. Pengkajian perlu dilakukan untuk memastikan program tersebut tidak tumpang tindih dengan Dana Kelurahan. Sebab, sasaran dari dua program tersebut hampir sama yakni percepatan pembangunan di permukiman. “Saya sudah minta Bagian Tata Pemerintahan Setda untuk melakukan kajiannya. Nanti kita lihat hasilnya,” ujarnya.

Menurut Fahmi, P2RW merupakan salah satu program unggulan dan menjadi ciri khas Pemkot Sukabumi. Sebab, program tersebut juga digagas oleh Fahmi saat
menjadi Wakil Wali Kota Sukabumi pada periode 2013-2018. Bahkan, program ini sudah diadopsi oleh sejumlah daerah di tanah air. “Nanti kalau dihilangkan, Kota Sukabumi tidak punya ciri khas lagi dan pertanggungjawabannya bagaimana,” katanya.

P2RW dianggap sukses meningkatkan pembangunan di tataran bawah. Dana Rp20 juta dianggarkan untuk masing-masing RW di Kota Sukabumi yang berjumlah 350 RW. Dana sebesar itu digunakan untuk pembangunan dan perbaikan fasilitas umum seperti jalan lingkungan, MCK dan rumah ibadah. ” Sejauh ini program tersebut berjalan mulus baik dari sasaran pembangunan maupun pertanggungjawabannya,” pungkasnya.

(Bal)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button