DATA COVID-19 Update : 31 Maret 2020 pukul 16.00 WIB
Kasus PositifMeninggalSembuh
DKI Jakarta

747

83

48

Jawa Barat

198

21

11

Indonesia

1.528

136

81

Dunia (202 Negara)697.24333.257
KESEHATAN

Viral Dettol Bisa Bunuh Virus Corona, Simak Faktanya!

RADARSUKABUMI.com – Sedang viral di media sosial tentang produk antispektik bermerek Dettol yang disebut dapat membunuh virus corona atau COVID-19 yang berasal dari Wuhan, Tiongkok. Ini dikarenakan pada keterangan bagian belakang produk tertulis “human coronavirus dan RSV” sehingga dikaitkan dengan virus corona yang sedang mewabah saat ini.

“Dettol kills the Coronavirus how did Dettol know if it’s a new disease?” tulis netizen.

Lantas pertanyaannya, benarkah informasi tersebut? Setelah ditelusuri, para ilmuwan menegaskan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa produk antiseptik Dettol dapat membunuh virus corona baru di Wuhan, yang memiliki nama resmi novel coronavirus (2019-nCoV).

Paul Hunter, Profesor Health Protection and Medicine, menjelaskan bahan aktif antiseptik ini adalah kloroksilenol yang digunakan sebagai disinfektan secara luas. “Penggunaannya adalah sebagai disinfektan pada pada kulit dan luka. Ini juga dapat dimasukkan ke dalam sabun,” jelasnya.

Profesor Hunter memperingatkan agar tidak menggunakan produk antiseptik ini selain untuk produk pembersih.

Kandungan chloroxylenol yang terdapat di dalamnya disebut bisa beracun jika tertelan. Menurut Prof Hunter, kandungan tersebut juga tidak boleh digunakan sebagai aerosol yang dapat dihirup orang.

Loading...

Ia juga meyakini, produk ini tidak diuji untuk mengatasi virus corona baru di Wuhan.

“Saya tidak akan berpikir Dettol telah diuji untuk 2019-nCoV,” jelas Paul Kellam, profesor genomik virus di Imperial College London, dikutip dari Daily Mail.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button