Penyebab Ibu Hamil Kerap Lupa

  • Whatsapp

Anda para ibu hamil sering lupa di mana menaruh barang? Tenang, Anda tidak sendirian. Faktanya, penurunan daya ingat ini memang normal terjadi pada ibu hamil. Amnesia saat hamil bahkan punya istilah sendiri, yakni momnesia.

Beberapa penyebab ibu hamil mudah lupa, pertama Perubahan hormonal pada tubuh ibu hamil, Penurunan daya ingat atau momnesia banyak terjadi pada trimester dua dan tiga kehamilan.

Bacaan Lainnya

Beberapa ahli menduga melemahnya kemampuan ibu hamil dalam mengingat sesuatu berkaitan dengan perubahan hormon selama kehamilan dan memuncak menjelang persalinan. Meski begitu, penjelasan mengapa perubahan hormon memengaruhi daya ingat belum diketahui secara pasti.

Kedua, Bayi jadi prioritas utama. Teori lain menyebutkan bahwa penurunan daya ingat dipengaruhi oleh faktor psikis. Ketika hamil, pikiran dan prioritas sang ibu bergeser pada segala hal yang berkaitan dengan persiapan persalinan. Oleh karena itu, hal lain di luar persalinan dan bayi menjadi terisisihkan dari pikiran.

Sebenarnya, sisi positif dari ibu hamil yang mudah lupa adalah ibu menjadi lebih punya ruang pikiran untuk mempersiapkan kehadiran jabang bayi. Selain itu, momnesia juga bermanfaat untuk mempererat ikatan antara bayi dan ibu kelak. Faktanya, penurunan daya ingat ini dapat terus berlangsung hingga satu tahun setelah persalinan.

Ketiga, Kurang tidur. Banyak hal yang berubah ketika seorang wanita hamil, salah satunya adalah pola tidur yang menjadi berantakan. Tidak sedikit ibu hamil yang mengeluh sulit tidur, terutama pada trimester akhir kehamilan.

Perubahan pola tidur ini ternyata dianggap cukup memengaruhi daya ingat. Pada dasarnya, kecukupan jam tidur akan memengaruhi kerja otak, baik dalam menganalisa maupun mengingat. Teori ini berlaku pada siapapun, termasuk ibu hamil.

Oleh karena itu, wajar bila ibu hamil kerap lupa akan hal-hal kecil. Apalagi setelah si kecil lahir, kekurangan tidur karena mengasuh bayi dapat membuat penurunan daya ingat semakin parah.

 

(NP/ RVS/klikdokter)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *