Jerawat Bisa Timbul karena Dipicu Masker Kain, Waspada Ya

  • Whatsapp
Sejumlah pekerja mengenakan masker di Kawasan Sudirman, Jakarta, Foto Ricardo JPNN

RADARSUKABUMI.com – Pandemi corona memaksa kita untuk lebih ekstra dalam menjaga kesehatan. Salah satunya yakni menggunakan masker. Sayangnya, penggunaan masker ini juga bisa menimbulkan dampak yang kurang menyenangkan bagi tubuh, salah satunya adalah jerawat.

Dokter spesialis kulit dr. Listya Paramita, SpKK tak menampik pemakaian masker juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Hal ini menurut dr Listya lantaran penggunaan masker yang terlalu lama, sehingga bisa menghambat kulit ‘bernapas’.

Bacaan Lainnya

Dampak jerawat tersebut biasanya kerap menimpa tim medis yang berkutat menggunakan masker N95 dalam jangka waktu yang lama. Tak hanya jerawat, bahkan iritasi pada wajah juga mengintai.

“Masalah jerawat karena masker, memang bisa mencetuskan jerawat baru karena penggunaan masker yang terlalu lama, apalagi tim medis yang harus menggunakan masker N95, bisa juga iritasi. Untuk masker kain juga sama bisa ditemui efek jerawat,” ujar dr. Listya dalam webinar WeTheHealth bertema Menjaga Kesehatan Kulit Dari Dalam dan Menyesuaikan Dengan Situasi New Normal.

Lalu apa solusinya? “Tipsnya, pilih masker yang tepat, yang nyaman, tidak kasar, bahan katun dan nggak mengesek kulit bagi pengguna masker kain,” tuturnya.

dr Listya juga mengingatkan supaya rajin untuk mengganti masker yang kita gunakan setiap hari. Pasalnya, jarang mengganti masker juga menjadi pemicu timbulnya jerawat.

“Jangan gunakan masker terus-terusan dalam waktu yang lama, maksimal 4 jam, lalu dicuci, dan harus sering diganti, pokoknya jangan terlalu lama digunakan. Saat pakai masker pastikan tangan bersih, membuka masker dari belakang,” jelasnya.(chi/jpnn/izo/rs)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *