KABUPATEN SUKABUMI

Yonif 310/KK Gelar Donor Darah Untuk PMI

RADAR SUKABUMI- Dalam menanggulangi kekurangan stok darah di Kabupaten Sukabumi, Batalyon Infanteri 310/Kidang Kancana, menggelar aksi donor darah yang diselenggarakan di Aula Yonif 310 KK Desa/Kecamatan Cikembar, Jumat (3/4).

Aksi sosial yang dilakukan prajurit TNI ini, merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI untuk membantu kelangkaan stok darah di PMI Sukabumi. Terlebih lagi, saat ini ketersediaan darah di PMI sangat kurang akibat masyarakat mengalami kekhawatiran mendonor darah di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

“Donor darah ini merupakan kegiatan rutin di Batalyon Infanteri 310/KK. Namun untuk saat ini sifatnya sangat urgent, dimana PMI Kabupaten Sukabumi kekurangan banyak stok darah.

Masyarakat mengalami kekhawatiran mendonor darah di tengah pandemi Covid-19 karena himbauan jaga jarak dan diam dirumah, sehingga jarang yang mendonorkan darah ke PMI,” kata Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, dr. Hondo Suwito kepada Radar Sukabumi, Jumat (3/4).

Untuk itu, pihaknya langsung turun dan menyambangi ke Makoyonif 310 KK dan menyampaikan perihal kekurangan stok darah tersebut.

“Kemarin saya sudah menelpon Komandan 310 untuk meminta kesediaannya dan prajuritnya untuk mendonorkan darahnya. Alhamdulilah Komandan 310 langsung menyambut baik permintaan kami dan kami pun hari ini bergerak ke Markas Batalyon Infanteri 310 untuk mengambil darah puluhan prajurit ini,” tandasnya.

Semenrara itu, Komandan Yonif 310/KK Letnan Kolonel Inf Andik Siswanto mengatakan, pihaknya sangat senang dan bangga bisa berkontribusi mendonorkan darahnya untuk membantu PMI Kabupaten Sukabumi yang mengalami kelangkaan stok darah ditengah mewabahnya Covid 19.

“Selain itu, kegiatan ini juga sudah ada petunjuk dari komando atas. Iya, dalam hal ini Kodam III Siliwangi yang memerintahkan semua jajaran TNI AD di wilayah jawabarat untuk bergerak membantu pemerintah daerah yang mengalami kelangkaan stok darah,” katanya.

Saat donor darah, puluhan prajuritnya tak gentar untuk mengikuti pelaksanaan donor darah di tengah pandemi corona. Meski digelar di aula setempat, namun, pihaknya pun tetap mengedepankan social distancing sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

“Meski pendonor mulai berkurang drastis, tak menjadikan halangan bagi prajurit Yonif 310 untuk menyerahkan darahnya secara sukarela. Social distancing tetap diberlakukan. Untuk waktu bagi pendonor pun, kita atur waktu kedatangannya, dan dilakukan secara bergantian,” timpalnya.

Pihaknya menambhakan, seluruh darah yang terkumpul dari aksi donor darah prajuritnya ini, akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Kabupaten Sukabumi.

“Donor darah ini bisa meringankan beban pasien yang berobat di RSUD dan rumah sakit lainnya di Sukabumi. Semoga apa yang diberikan oleh Batalyon Infanteri 310/KK kepada PMI Kabupaten Sukabumi dalam ini, dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi, umumnya masyrakat Indonesia,” pungkasnya. (den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button