TPT Longsor, Bangunan Sekolah di Cisolok Sukabumi Terancam

Kondisi TPT Longsor di Kampung Cibangban, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.
LONGSOR : Kondisi TPT Longsor di Kampung Cibangban, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI — Hujan deras yang mengguyur seharian mengakibatkan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kampung Cibangban, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi longsor dan meterialnya menutup saluran air.

Tidak hanya itu dampak lain yang terjadi akibat TPT longsor membuat saluran air tersumbat menggenangi badan jalan nasional Cisolok – Banten sehingga para pengendara yang melintas harus berhati hati dan waspada, pasalnya genangan air cukup tinggi.

Bacaan Lainnya

Bahkan tidak jarang para pengendara roda dua yang melintasi genangan air diperkirakan memiliki ketinggian 50- 60 Cm itu mengalami mogok ditengah jalan sehingga harus didorong.

Endang Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Cibangban, Desa Pasirbaru Kecamatan Cisolok kepada Radar Sukabumi saat diwawancarai mengungkapkan TPT tersebut longsor sudah terjadi Rabu, (9/11) lalu sekitar pukul 16.00 Wib lalu.

Diterangkan Endang, saat peristiwa terjadi dirinya sedang melaksanakan rapat di sekolah dan mendapat informasi TPT yang tepat berada diatas bangunan sekolah longsor, karena khawatir langsung melakukan pengecekan.

“Yang longsor ini dekat Madrasah, saya lihat pembatas jalan juga sampai menggantung pondasinya tergerus longsor juga, saat itu saya sudah kepikiran kalau dibiarkan akan berdampak banjir ke sekolah,” ungkap Endang. Minggu, (13/11).

Sehingga lanjut Endang, bersama masyarakat sekitar berinisiatif memperbaiki dengan swadaya menggunakan alat seadanya sebagai uapaya penanganan sementara guna menghindari dampak banjir ke sekolah.

“Penanganan baru sebagian, sebagiannya lagi belum, karena cuaca diguyur hujan terus, eh belum selesai longsor lagi bahkan volume matrialnya lebih besar menutup saluran air total, jadi banjir sekarang dijalan,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *