Tangerang Belajar Perumda di Sukabumi

Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi saat menerima kunjungan Pansus III DPRD Kabupaten Tangerang di aula Perumda.

CIBADAK — Pansus III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang berkunjung ke Kabupaten Sukabumi. Mereka datang untuk belajar proses perubahan nama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumda AM TJM) dan tata cara pengelolaan.

“Kami melihat, Kabupaten Sukabumi berhasil merubah nama PDAM menjadi Perumda. Dalam konteks ini, kami ingin tahu bagaimana prosesnya dan tahapan peraturan daerahnya seperti apa,” kata Koordinator Pansus III DPRD Tangerang, Dedi Sutarji kepada Radar Sukabumi, kemarin (26/4).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi ini telah berhasil merubah nama PDAM menjadi Perumda. Ini tentunya merujuk pada amanat Peraturan Pemerintah nomor 54 tentang Badan Usaha Milik Daerah.

“Kabupaten Sukabumi sudah berhasil mengimplementasikan itu. Makanya kami ingin belajar mengenai ini,” akunya.

Pengetahuan yang ia timba dari Kabupaten Sukabumi, nantinya akan direalisasikan di pemerintahan Tangerang. Ia pun berharap, kemajuan yang dialami pemerintah Kabupaten Sukabumi dapat terwujud juga di Kabupaten Tangerang. “Tentunya kami akan menerapkannya di Kabupaten Tangerang,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Produksi Perumda AM TJM, Warma Herawan mengaku bangga karena bisa berbagi pengalaman dan proses pengalihan PDAM ke Perumda dengan Pansus III DPRD Kabupaten Tangerang.

“Alhamdulillah ini menjadi bukti Kabupaten Sukabumi menjadi perhatian daerah lain. Kami bangga tentunya, karena bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan,” timpalnya.

Menurut Warma, yang melakukan study banding ke Kabupaten Sukabumi soal Perumda ini tidak hanya Tangerang, pada Mei mendatang dijadwalkan perwakilan dari PDAM Tira Aji Kabupaten Wonosobo akan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker).

“Sejauh ini sudah ada beberapa wilayah yang melakukan studi banding. Mudah-mudahan dengan pengalihan PDAM ke Perumda ini bisa menjadi lebih baik ke depannya,” pungkasnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.