Sungai Cipalabuan Sukabumi Kotor

  • Whatsapp
Kondisi Sungai Cipalabuan yang terlihat kotor dipenuhi oleh sampah dari rumah tangga maupun perusaahan sehingga membuat kumuh dan menimbulkan bau tak sedap.

SUKABUMI – Sungai Cipalabuan yang berlokasi di Kecamatan Palabuhanratu harus menjadi perhatian bersama. Sungai yang terletak di jantung ibu kota Kabupaten Sukabumi ini tampak kotor dipenuhi oleh sampah yang berasal dari rumah tangga.

Informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, mayoritas dipenuhi oleh sampah seperti popok, plastik dan lainnya. Selain menimbulkan bau yang kurang sedap, di khawatirkan sungai tersebut dapat menjadi biang penyakit bagi warga sekitar.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, Dedah Herlina mengungkapkan, terkait kotornya Sungai Cipalabuan tersebut, di sebabkan oleh berbagai fakor. Mulai dari surutnya air kerena musim kemarau, sedangkan aktivitas masyarakat, perusahaan meningkat.

“Banyak faktor yang mempengaruhi keadaan sungai Cipalabuan kotor, umumnya seluruh sungai di Kabupaten Sukabumi. Apalagi sekarang kondisinya menginjak kemarau, air sedikit, kemudian aktivitas banyak, baik dari perusahaan-perusahaan maupun dari rumah tangga,” jelasnya belum lama ini.

Sampah rumah tangga dan lainnya, lanjut Dedah, seharunya tidak boleh dibuang ke sungai karena bisa berdampak buruk. Mulai dari ancaman kesehatan sehingga bencana.

“Tinja atau sampah bekas popok bayi dan sejenisnya, seharusnya tidak dibuang ke sungai. Serta tinja seharusnya dibuang ke septic tank, atau lebih dikenal sepiteng, bukan dibuang ke sungai,” terangnya.

Maka dari itu, pihaknya mengajak kepada semua masyarakat untuk bersama membangun kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, DLH melalui bidang kebersihan telah menyiapkan tempat pembuangan sampah di setiap lokasi.

“Kuncinya kesadaran masyarkat terhadap lingkungan, karena persolan sampah bukan hanya tugas pemerintah. Sehingga harus juga didukung masyarkat,” pungkasnya. (upi/d)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *