Ribuan Santri Bersihkan Jalan

SUKABUMI— Ribuan santri pondok pesantren salafi terpadu darussyifa al-fitroh melakukan kegiatan membersihkan jalan, kemarin (19/11).

Kegiatan yang dilakukan berdasarkan arahan sesepuh pesantren untuk mengisi waktu santai dijadikan sebagai hari yang lebih bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat Sukabumi.

Penanggung jawab kegiatan ini, Enjon ZM mengatakan, untuk mengisi kegiatan setelah pengajian shubuh para santri diberika agenda setiap minggu dengan Agenda ‘Ahad Berkaya’ yang menjadi program rutinan ini diberi tema ‘Santri Berbakti Peduli Lingkungan Sukabumi’ dengan berbagai kegiatan diantaranya, santri herus menyapa masyarakat, dengan tujuan pendidikan terapan dari konsep silaturahmi, santri Peduli Kebersihan Lingkungan, hal ini mencerminkan kepribadian santri yang cinta dengan kebersihan diri dan lingkungannya, santri Peduli Panataan Lingkungan, dan Santri Menjenguk Jompo Dan Manula.

“Empat rangkaian kegiatan diatas bertujuan melatih tingkat kepedulian santri, karena santri tidak hanya mampu dan menguasai ilmu pendidikan agama dan ilmu pengetahuan umum semata-mata.

Santri yaspida dituntut untuk mampu memiliki ilmu terapan baik yang bersifat ilmu duniawi, ukhrowi maupun ilmu kepekaan dan kepedulian diri atas situasi dan lingkungan yang ada, “terang Enzon kepada koran ini
Selanjutnya Enjon berharap, dari kegiatan ini masyarakat dapat bekerja sama untuk menjaga lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menata lingkungan dengan baik dan rapi, selalu menjaga silaturahmi dan senantiasa bisa peduli dan memperhatikan kaum jompo dan manula.

Dengan membawa kantong pelastik untuk menyimpan sampah yang dipungut, diikuti beberapa mobil pengankut sampah dari Pesantren, lebih dari dua ribu santri ini berjalan bersama menyusuri jalan dan perkampungan yang disebar ke berbagai daerah yang masih dalam radius empat kilo meter.

“Tanpa merasa jijik dengan tangan kosong mereka memungut sampah yang berserakan dijalan, gang kecil dan permukiman dengan didampingi seluruh guru, ustad/ ustadzah dan tak terkecuali seluruh Kepala Sekolah yang ada di pondok pesantren salafi terpadu darussyifa al-fitroh turun bersama-sama dengan santri, “terangnya
Dengan adanya kegiatan ini, salah satu warga sekitar Kang Bogel mengatakan, warga sekitar merasa sangat senang dengan adanya agenda ‘Ahad Berkarya’ yang turun langsung ke lingkungan masyarakat.

Mereka merasa nyaman karena lingkungannya sangat bersih.

“Kegiatan ini perlu di lanjutkan, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga, ini kegiatan yang sangat posifit dan sangat dirasakan nyata oleh warga, “tukasnya. (*/rls/cr13/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *