Rayakan HUT RI 78 Ribuan Masyarakat Cisolok Ngubek Kulah

Masyarakat saat ngubek kulah di kampung Pasirmalang, Desa Wangunsari, kecamatan Cisolok, (FOTO : NANDI/ RADARSUKABUMI)
Masyarakat saat ngubek kulah di kampung Pasirmalang, Desa Wangunsari, kecamatan Cisolok, (FOTO : NANDI/ RADARSUKABUMI)

SUKABUMI — Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 78 tahun dan menyambut Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke 153 tahun, ribuan masyarakat di kampung Pasirmalang, Desa Wangunsari, kecamatan Cisolok terjun ke kulah (empang).

Sekretaris Kecamatan Cisolok Okih Fajri Assidiq untuk menangkap ikan dalam acara ngubeuk kulah, dimana menurutnya masyarakat sangat antusias.

Bacaan Lainnya

“Iya diperkirakan kurang lebih 1.000 masyarakat ikut serta ngubek kulah di empang milik warga di kampung Pasir malang, tadi pagi,” ujar Okih saat dikonfirmasi Radar Sukabumi. Minggu, (27/8).

Dijelaskan Okih, ngubek kulah diikuti tidak hanya masyarakat kampung setempat namun juga masyarakat kampung lain yang masih warga wilayah Desa Wangunsari.

“Kegiatan Ngubek Kulah ini diprakarsai tokoh masyarakat setempat, H. Asep Pahrudin, tadi dihadiri juga oleh kades, jajaran forkompimcam Cisolok,” jelasnya.

“Masyarakat antusias, tadi ikan yang ditebar di empang oleh tokoh masyarakat sekitar 1,5 kuintal lebih, ikan nya macam macam Nila, Mujair, ikan Mas,” ucapnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Okih berharap di momen hari kemerdekaan jiwa persatuan dan kesatuan di masyarakat dapat terus terjaga, semakin erat, kekompakan semakin terjalin, serta kedepan kegiatan dapat terus dilaksanakan dengan lebih meriah.

“Ini sebagai bentuk rasa syukur, dan penghormatan atas perjuangan para pahlawan terdahulu yang telah berjuang mengusir pejajah,” bebernya.

Sementara itu salah seorang warga Nomyati (43) mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut, terlebih dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 78 dan HJKS ke 153 tahun.

Untuk itu Nomyati berharap tahun depan kegiatan ngubeuk kulah tersebut dapat kembali dilaksanakan, karena menurutnya selain hiburan juga bisa mendapat ikan untuk keperluan dapur.

“Alhamdulillah lumayan dapat banyak, buat dimasak nanti, senang tentunya, kalau bisa tahun depan diadakan lagi dengan ikan lebih banyak,” singkatnya. (ndi/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *