Polres Sukabumi Musnahkan Narkoba Sabu-sabu Senilai Rp29 Miliar dari China

Prosesi pemusnahan narkoba jenis sabu-sabu dari jaringan China di halaman Mako Polres Sukabumi, Rabu (25/5). FOTO: NANDI/RADAR SUKABUMI

SUKABUMI  – Narkoba jenis sabu-sabu seberat 24,425 kilogram dimusnahkan dengan menggunakan mesin incinerator boilers di halaman Mako Polres Sukabumi, Rabu (25/5). Narkoba tersebut merupakan hasil dari penangkapan dua orang kurir narkoba jaringan internasional oleh Polres Sukabumi.

Wakapolres Sukabumi, Kompol R Bimo Moernanda mengatakan, sabu-sabu tersebut didapatkan dari dua orang tersangka berinisial YS (34) dan YH (23) yang diamankan oleh jajaran Satresnarkoba Polres Sukabumi.

Bacaan Lainnya

“Kita hari ini musnahkan narkotika jenis sabu. Tersangkanya dua yang kita amankan. Jaringannya dari China, jaringan internasional. Jumlah (narkoba) total Rp 29 miliyar,” kata Bimo dalam pres rilis, Rabu (25/5).

Kasatnarkoba Polres Sukabumi AKP Kusmawan menambahkan, dua orang tersangka tersebut diamankan di Kampung Caringin, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi pada Rabu (30/3/2022) lalu. Keduanya diketahui warga dari luar Sukabumi.

“Mereka membawa barang itu dari Sumatra yang sebelumnya disimpan di Bogor sebelum dibawa ke Sukabumi, saat ini pihaknya masih mengejar dua orang DPO,” ujar Kusmawan.

“Dua orang itu jaringan Sumatra sebagai pengendalinya dari jaringan termasuk barang bukti 24,425 ini,” sambungnya.

Masih kata Kusmawan, dugaan jaringan internasional muncul dari tulisan pada kemasan sabu-sabu yang diamankan dari tersangka, pada kemasan berwarna hijau itu terdapat tulisan China.

“Seperti halnya kita lihat bahwa itu tulisan bertuliskan China sehingga kita duga bahwa barang tersebut adalah dari daerah China tersebut,” terangnya.

Kusmawan juga mengatakan, kedua tersangka dikenakan pasal 114 Undang-undang Narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara hingga seumur hidup.

“Ini adalah yang kedua kalinya, menurut pengakuannya dalam tahun ini, ancaman hukumannya 20 sampai seumur hidup,” pungasksnya. (Cr2/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar