PKBM Sinar Samudera Gembleng Anak Didik Miliki Keahlian

PKBM Sinar Samudera
Para siswi PKBM Sinar Samudera mengikuti pelatihan tata boga.

SUKABUMI – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sinar Samudera yang berada di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi terus menggembleng anak didiknya untuk mengikuti pelatihan tata boga.

Kepala PKBM Sinar Samudera Ery Saeful Rohman mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu program unggulan dari rentetan kegiatan di sekolah kesetaraan paket A, B dan C ini.

“Pelatihan itu untuk mengasah kreativitas dan kemandirian siswa agar dapat dikembangkan mereka pasca lulus nanti. Pelatihan keterampilan tata boga yang sudah berjalan diantaranya, membuat Dodol, Wajit, Keripik dan lain sebagainya,” ucap Ery kepada wartawan, Senin (06/12).

Ery menjelaskan, hasil olahan kegiatan pelatihan tata boga belum dipasarkan, karena PKBM masih fokus mengembangkan keahlian para siswanya terlebih dahulu.

“Untuk pemasaran sudah kami siapkan, tetapi sekarang ini kami fokus kepada pengembangan siswa, sehingga mereka ahli dan dapat mengembangkannya. Hasil olahan ini bisa menjadi oleh oleh khas Sukabumi yang mampu mendongkrak sektor pariwisata,” paparnya.

Selain kegiatan pelatihan, sambung Ery PKBM berencana membangun kerjasama dengan sejumlah restoran yang berada di wilayah kawasan wisata Palabuhanratu, untuk memberikan kesempatan magang bagi anak didiknya.

“Dengan kegiatan pelatihan dan magang seperti ini, diharapkan siswa mampu menciptakan peluang usaha sendiri. Ketika mereka sulit mencari pekerjaan,” jelasnya.

Di sisi lain, program keahlian lain seperti kemampuan mengoperasikan komputer belum bisa dimaksimalkan. Sebab, sekolah yang mayoritas siswanya tidak dapat melanjutkan sekolah secara formal ini belum memiliki fasilitas laboratorium komputer yang mumpuni.

“Kami baru punya dua unit komputer, sangat kurang dibandingkan dengan jumlah siswa yang ada. Kemarin saja, saat pelaksanaan asesmen kami harus numpang ke sekolah lain,” pungkas Ery. (ris/d)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *