Perkuat Silaturahmi, Pengurus Baldatun Center Rutin Gelar Tawasul

Baldatun
TAWASUL : Pendiri sekaligus penanggungjawab Baldatun Center Ade Dasep Zaenal Abidin saat melakukan Tawasul pada Malam Senin (19/12/2021). (foto : ist)

SUKABUMI — Guna memperkuat silaturahmi, pengurus Baldatun Center rutin menggelar kegiatan tawasul setiap malam Senin. Pendiri sekaligus penanggungjawab Baldatun Center Ade Dasep Zaenal Abidin mengatakan, selain ajang untuk bersilaturahmi antar pengurus pusat dengan para koodinator desa (Kordes) dan Koordinator Kecamatan (Korcam) kegiatan tawasul ini juga sebagai pengganti kegiatan Jumat Keliling (jumling).

“Pada intinya tawasul ini adalah pengganti Jumling yang sedang rehat karena kami persiapan Milad Baldatun yang ke-6. Nah, selain tawasul ajang mendekatkan diri kepada Allah, sekaligus juga dijadikan tempat evaluasi kesiapan pengurus jelang pra milad yang akan digelar pada 9 Januari 2022 dan Milad yang akan digelar pada 7 Februari 2022, “jelas Ade Dasep.

Bacaan Lainnya

Saat ditanya kenapa memilih waktu malam Senin, dirinya menjelaskan bahwa hari Senin memiliki makna yang baik, pasalnya pada hari Senin adalah hari kelahiran Nabi Muhammad, selain itu juga pada hari senin juga Nabi Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dari Allah melalui Malaikat Jibril. Menurutnya sudah dua malam Senin kegiatan Tawasul ini dilakukan.

“Untuk malam senin pertama tawasul di ikuti pengurus pusat baldatun center dengan kordes2 prioritas Baldatun, sementara untuk kegiatan tawasul malam ini di ikuti oleh pengurus pusat baldatun dengan kordes-kordes binaan baldatun center,”terangnya.

Diketahui, pada milad Baldatun yang ke-6 sendiri nantinya akan diisi dengan kegiatan seperti sebelumnya, dengan akan menggelar Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) khusus anak yatim binaan yang terpilih. Untuk itu, pengumpulan para pengurus selain mengikuti kegiatan untuk diberikan pembekalan soal persiapan pengurus dalam mengirimkan perwakilannya ke kegiatan Milad Baldatun Center yang ke-6.

Lebih lanjut diringa mengatakan, tawasul adalah sesuatu yang disyariatkan oleh Islam, tawasul sendiri seperti dijelaskan dalam Al Maidah Ayat 35 bahwa tawasul bisa untuk untuk membuat anak tangga yang menghubungkan seseorang dan Allah. Bahkan, Ulama dari berbagai madzhab sepakat bahwa tawasul adalah amal saleh sebagai jalan yang menyertai seseorang dalam doanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.