Tekan Keracunan, Dinkes Wujudkan Kampung STBM

  • Whatsapp
Petugas kesehatan lingkungan puskesmas dan Hakli Kabupaten Sukabumi saat membantu masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Bantargadung dalam mewujudkan Kampung Sanitasi Berbasis Masyarakat.

SUKABUMI – Dengan memiliki letak geografis yang luas, membuat Kabupaten Sukabumi dalam hal ini Dinkes Kabupaten Sukabumi terus menggencarkan kegiatan yang bebasis kepada masyarakat. Saat ini tantangan yang dihadapi terkait pembangunan kesehatan khususnya bidang hygiene dan sanitasi masih sangat besar, untuk itu perlu dilakukan intervensi terpadu melalui pendekatan sanitasi total.

Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan Lima Pilar akan mempermudah upaya meningkatkan akses sanitasi masyarakat yang lebih baik serta mengubah dan mempertahankan keberlanjutan budaya hidup bersih dan sehat. Untuk itu, Dinkes bersama Hakli Kabupaten Sukabumi bersama-sama dalam rangka mengurangi kasus keracunan yang pernah terjadi di Kecamatan Bantargadung menggelar kegiatan STBM, yang bertujuan untuk menurunkan kasus keracunan makanan.

Bacaan Lainnya

Diketahui, Peran Sanitarian sangat penting, ada banyak penyakit yang bisa disebabkan oleh sanitasi yang buruk, seperti kasus Gizi Buruk dan bahkan keracunan. Bisa saja kasus keracunan yang terjadi buah akibat dari sanitasi yang buruk. Selain itu masalah utama yang di hadapi saat ini adalah Penyakit yang bersumber Binatang seperti DBD.

Semoga dengan kegiatan ini, tidak ada lagi kasus yang berhubungan dengan sanitasi. Pasalnya dengan menggunakan sanitasi baik, kita tidak lagi mendengar kasus-kasus penyakit yang disebabkan oleh sanitasi yang buruk, jadi dapat disimpulkan dengan adanya sanitasi yang baik bisa menurunkan prevalensi penyakit akibat sanitasi yang jelek.(*/hnd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *