Peringati Hari Santri Nasional di Kabupaten Sukabumi, Wakil Bupati Bicara Kemandirian Santri

wakil Bupati Sukabumi
wakil Bupati Sukabumi memberikan bibit pohon kepada para santri dan ulama. Sabtu, (22/10).

SUKABUMI – Peringati hari santri nasional tahun 2022, ribuan santriawan dan santriawati padati alun alun Palabuhanratu masjid agung untuk melaksanakan upacara.

Pantauan dilapangan kemeriahan upacara peringatan hari santri nasional dihadiri sejumlah pejabat forum komunikasi pimpinan daerah yakni wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara, Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah serta unsur unsur terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Seusai pelaksanaan upacara peringatan hari santri nasional tahun 2022 tingkat Kabupaten Sukabumi wakil Bupati Iyos Somantri didampingi sejumlah pejabat memberikan secara simbolis bibit pohon durian kepada para santri dan kiayi serta petani.

Diungkapkan Iyos Somantri peringatan hari santri nasional tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2022 ini menurutnya berlangsung meriah setelah beberapa tahun dihantam pandemi Covid 19.
“Alhamdulillah meriah semarak karena memang msyarakat sudah menginginkan alam bebas setelah kemarin dihantam pandemi covid 19,” ungkap Iyos. Sabtu, (22/10).

“Sehingga sekarang sudah begitu banyak bahkan tidak hanya ditingkat kabupaten, disebar disemua kecamatan juga melaksanakan hari santri nasional ini, para santri semuanya hiruk pikuk, bungah begitu riang untuk melaksanakan harinya tangga 22 Oktober ini,” sambungnya.

Ditegaskan Iyos, dengan dilakansakannya hari santri dengan penuh kebahagiaan kedepan semua berjalan sesuai dengan visi misi yang religius para santri bisa bersama sama membangun negeri khususnya kabupaten Sukabumi.

“Mudah mudahan kedepan sesuai dengan visi kabupaten Sukabumi yang religius tentunya kita beriring sejalan dengan para santri ini, untuk membangun negeri dan Sukabumi dalam kontek keseharian secara agamis religius dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan keseharian,” jelasnya.

Masih kata Iyos, dengan adanya pembagian pohon kepada santri dan ulama sebagai salah satu bentuk dukungan dari pemerintah Kabupaten Sukabumi dengan program pertanian berkelanjutan, parisiwata berkelanjutan serta agrobisnis sehingga kedepan para santri bisa meningkat dari sisi perekonomiannya.

“Kita berikan bibit bibit dalam kontek pertanian dan perkebunan supaya kehidupan masyarakat petani ini bisa meningkat dalam kontek hari ini diberikan bibit durian tadi mudah mudahan dalam dua tiga tahun sudah berbuah sehingga bisa dinikmati para santri khususnya,” terangnya.

Lanjut Iyos, adapun dukungan lain pemerintah kabupaten Sukabumi sesuai dengan visi misinya, para santri juga berikan suport melalui program santri preneur sehingga para santri tidak hanya menggeluti ilmu agama namun juga ilmu ekonomi.

“Program dikita bebebrapa pesantren diberikan bantuan untuk pelatihan ekonomi, mereka ini tidak hanya sebatas agamanya tapi dari ilmu darigamanya pun kita berikan sehingga bisa disebut bina ruqiah dan bina rupiah,” bebernya.

“Bina ruqiahnya mereka menimba ilmu agama dipesantren, bina rupiahnya itu melalui santre preneur,” ucapnya. (Cr2).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *