Pemkab Sukabumi Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

  • Whatsapp
Wakil Bupati Sukabumi Iyos
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat menerima piala Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020.

SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten Sukabumi mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020. Penghargaan kategori madya diterima pemkab untuk kali ketiga. Prosesi penyerahan penghargaan APE tersebut, dilaksanakan secara virtual.

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengaku bersyukur atas capaian yang diterima Pemkab Sukabumi. Penghargaan tersebut akan dijadikan pemicu untuk meningkatkan ke kategori utama.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah tiga kali mendapatkan penghargaan APE kategori madya. Ini menjadi motivasi untuk meningkatkan kekategori utama, bahkan ke kategori mentor” kata Iyos Somantri, Rabu (13/10).

Menurut Iyos, Kabupaten Sukabumi hanya kekurangan empat poin untuk naik ke kategori utama. Hal itu, bukan merupakan tantangan yang begitu sulit. “Dua tahun ke depan, kita targetkan masuk kategori utama,” ucapnya.

Berkaitan pengarusutamaan gender (PUG), Pemerintah Kabupaten Sukabumi telah memasukannya ke RPJMD 2021-2026. Apalagi, didalam visi-misi terdapat hal mengenai pemberdayaan perempuan. “Dalam visi utama kita, ada program Perahu Kertas (perempuan hebat untuk keluarga yang berkualitas),” ungkapnya.

Sementara itu, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan APE tahun 2020. Baik itu kategori pratama, madya, utama, dan mentor. “Saya mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan APE. Baik kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, maupun pemerintah daerah,” terangnya.

Menurutnya, peningkatan kesetaraan gender berkaitan erat dengan percepatan pembangunan. Oleh karena itu, perlu peran serta pemerintah dalam upaya peningkatannya. “Kesetaraan gender akan meningkatkan PDB (produk domestik bruto) secara global, karena itu, pemerintah harus menerapkan PUG dalam penyusunan pelaksanaan kebijakan ditempat masing-masing,” bebernya.

Menko mengajak semua untuk bahu membahu. Terutama dalam meningkatkan pembangunan responsif gender. “Mari semua. Baik pemerintah daerah, provinsi, maupun kementerian/lembaga untuk bahu membahu,” jelasnya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, terdapat 13 kementerian/lembaga, 29 provinsi, dan 296 kota/kabupaten yang mendapatkan penghargaan APE 2020. “Semoga penerima penghargaan di tahun mendatang semakin meningkat,” harapnya.

Penghargaan APE sendiri, diberikan setiap dua tahun sekali. Dimana, APE merupakan bentuk penghargaan atas komitmen dan peran para pimpinan dan stakeholder pemerintah pusat dan daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG. “Penghargaan APE 2020 seyogyanya diberikan di tahun yang sama. Namun terkendala Covid-19, sehingga terdapat perubahan waktu penyerahannya,” pungkasnya. (izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *