Momen Hari Lahir Pancasila, Wabup Sukabumi : Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

Iyos Hari Pancasilan

PALABUHANRATU – Hari lahir Pancasila yang dirayakan setiap tanggal 1 Juni, kali ini diangkat dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memperkuat semangat dalam mempersatukan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan bersama.

Menurut Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, Pancasila sebagai wadah tempat pemersatu bangsa harus dimaknai dan dipahami secara benar. Setiap pihak dan masyarakat patut wajib untuk mengikuti dan melaksanakan butir-butir Pancasila.

Bacaan Lainnya

“Atau sila-sila Pancasila termasuk butirannya, sebagai panduan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Iyos saat diwawancara seusai menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2024 di Lapangan Cangehgar, Kecamatan Palabuhanratu, Sabtu, (1/6).

Dijelaskan Iyos, dari sila ke satu sampai sila ke lima, didalamnya terdapat pola kehidupan dan sudah diatur secara lengkap, sehingga diperlukan kebersamaan dalam melaksanakan Pancasila dengan butir-butirnya karena jika hal itu sudah tertanamkan akan membentuk kesepahaman dalam bingkai kerukunan kebangsaan.

“Sehingga Insya Allah akan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia, termasuk di kabupaten Sukabumi ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Iyos menegaskan, dalam rangka mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045, maka adalah suatu keharusan bagi seluruh umat untuk mengamalkan Pancasila.

“Dalam kebersamaan, kita bisa menciptakan bangsa yang tumbuh dan maju bersama-sama sehingga Indonesia akan menjadi negara yang lebih maju dan dihormati oleh negara-negara lain,” terangnya.

Sesuai dengan semangat Hari Lahir Pancasila, kata Iyos lagi harus diingat bahwa Pancasila bukan hanya sebagai teks dalam lembaran kertas, melainkan harus menjadi jiwa dan semangat hidup bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu, mari kita berusaha bersama untuk mengamalkan Pancasila dengan baik dan benar sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Masih kata Iyos, kemajuan Indonesia ataupun daerah bisa dicapai dengan kebersamaan dan dengan semangat jiwa Pancasila. Untuk itu Ia mengajak semua pihak untuk terus mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan, serta meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa Indonesia.

“Mari kita bergotong royong menuju Indonesia Emas 2045, termasuk kesejahteraannya akan bisa meningkat kalau kita sepakat semuanya untuk mengamalkan sila-sila Pancasila dengan butir butirnya,” tandasnya. (Ndi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *