Jangan Hanya Seremonial

  • Whatsapp
PIMPIN RAPAT: Bupati Sukabumi, Marwan Hamami memimpin rapat dengan DPMD Kabupaten Sukabumi, di Aula Setda Palabuhanratu.

SUKABUMI — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) akan kembali menggelar Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM).

Sementara Bupati Sukabumi, Marwan Hamami meminta supaya kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial, melainkan harus menjadi ajang kebangkitan semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat.

Bacaan Lainnya

Kepada Radar Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, melalui BBGRM diharapkan semua elemen masyarakat dapat memperkokoh komitmen terhadap pembangunan secara bersamaan sehingga visi Kabupaten Sukabumi terwujud.

“Terutama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, profesional dan optimalisasi pelayanan kesehatan, pendidikan dan insfratuktur daerah,” paparnya.

Selain itu, masih kata Marwan, kegiatan BBGRM harus dapat mendorong peningkatan partisipasi masyarakat serta berupaya membangkitkan kembali budaya gotong royong di tengah-tengah masyarakat.

Mulai tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten harus bisa terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan. “Karena nilai-nilai gotong royong yang tumbuh dan berkembang di masyarakat merupakan bagian dari sistem nilai budaya bangsa.

Makanya BBGRM jangan hanya seremonial saja, harus ada dampak positif ke depan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana mengatakan, kegiatan ini perwujudan dari kerja sama masyarakat melalui berbagai pembangunan yang diarahkan dalam penguatan kesatuan dan persatuan serta peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

“Melalui gotong royong, masyarakat nantinya diharapkan merasa saling memiliki dan bertanggung jawab dalam melaksanakan, memanfaatkan serta melestarikan hasil-hasil pembangunan itu sendiri,” kata Thendy, kemarin (23/4).

Tak dipungkiri, lanjut Thendy, saat ini budaya gotong royong di lingkungan masyarakat sudah mulai terkikis. Sebab itu, perlu adanya upaya agar hal itu kembali bangkit.

Lantaran, tanpa ada peran aktif dari semua elemen khususnya masyarakat tentunya pembangunan akan sulit terwujud.

“Maka dari itu, masyarakat dan pemerintah perlu bersinergitas bergotong royong untuk mendorong pembangunan di Kabupaten Sukabumi agar lebih baik lagi ke depan,” paparnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *