Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Optimistis Desa Wisata Hanjeli Juara

Desa Wisata Hanjeli
Pengelola Desa Wisata Hanjeli saat mengenalkan salah satu atraksi budaya kepada dua orang turis mancanegara.

SUKABUMI – Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi bersyukur dan bangga bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menunjuk salah satu lokus desa wisata masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesa (ADWI). Adalah Desa Wisata Hanjeli, lokus yang masuk dalam 50 besar ADWI Tahun 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Luki Mufti mengatakan, masuknya Desa Wisata Hanjeli dalam ADWI 2022 adalah bukti kerja-kerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam mempertahankan prestasi yang pernah diraih sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Diketahui pada ADWI 2021, Desa Wisata Cisande masuk dalam 50 besar ADWI. “Alhamdulillah. Ya, Desa Wisata Hanjeli masuk dalam nominasi sampai dengan saat ini masuk ke dalam 50 besar Desa Wisata Terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun ini,” kata Luki Mufti.

Desa Wisata Hanjeli berada di Desa Waluran, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. Luki mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi yang dalam hal ini Dinas Pariwisata tentu memberikan dukungan yang signifikan dalam pengembangan Desa Wisata Hanjeli.

“Tentu saja dukungan yang cukup signifikan kami berikan. Baik dalam dukungan sarana dan prasara maupun dari segi promosi pariwisata,” ujarnya.

Luki menjelaskan, ada banyak faktor potensial sehingga Desa Wisata Hanjeli dilirik oleh Kemenparekfraf sebagai desa wisata terbaik di Indonesia. Salah satunya adalah pariwisata berbasis pangan yang kemudian berdampak pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Desa Wisata Hanjeli berbeda dengan desa wisata yang lain. Karena bertemakan ketahanan pangan, dimana Desa Hanjeli berhasil mengangkat kemabali keanekaragaman pangan dan memberdayakan masyarakat sekitarnya,” beber Luki.

Lebih lanjut, dijadwalkan Menteri Parekfraf RI Sandiaga Salahuddin Uno akan berkunjung ke Desa Wisata Hanjeli. Segala persiapan pun sedang dilakukan dalam rangka penyambutan. Dengan demikian, rangkaian dan tahapan menuju penilaian akhir masih ada.

Untuk itu, Luki memohon doa dan dukungan kepada warga Sukabumi agar Desa Wisata Hanjeli menjadi yang terbaik dalam ADWI 2022.

“Saat ini Desa Wisata Hanjeli sedang terus berkompetisi agar mendapatkan predikat lebih. Mudah-mudahan bisa meraih predikat juara di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022. Mohon doa dan dukungan dari para warga Sukabumi,” ucap Luki. (adv)

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Luki Mufti.
Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Luki Mufti.

Pos terkait