Hari Kesehatan Nasional ke-56 Sehat Selalu, Dan Hadapi Pandemi..!!

  • Whatsapp
Asep Candra Staf Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kab.Sukabumi

Oleh : Asep Candra
Staf Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kab.Sukabumi

Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 tahun 2020 merupakan momentum untuk mengingatkan kita semua tentang pentingnya kesehatan. Tahun ini, kita mengangkat tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dengan Sub Tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”.

Bacaan Lainnya

Dalam situasi pandemi COVID-19, kita mengajak masyarakat agar tidak putus asa, tidak menyerah, dan tidak kendor menjaga kesehatan diri, demi mewujudkan Kabupaten Sukabumi Sehat dan memberikan apresiasi bagi tenaga kesehatan ditempat pelayanan maupun di masyarakat Hari Kesehatan Nasional (HKN) dirayakan pada tanggal 12 November setiap tahun.

Pada awalnya, hari besar ini diadakan untuk menyadarkan betapa pentingnya pembangunan kesehatan dalam masyarakat. Selain itu, HKN juga bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk melakukan budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan yang kurang sehat.

Perayaan Hari Kesehatan Nasional 2020 cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan situasi pandemi ini, Kemenkes RI mencanangkan tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dengan sub-tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”.

Keduanya bertujuan untuk mewujudkan Indonesia yang sehat serta tidak putus asa memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia.

Hari Kesehatan Nasional 2020 kita rayakan pada tanggal 12 November. Walau berada dalam kondisi mencekam, kita tidak boleh menyerah atau putus asa, sesuai dengan tema yang diberikan pemerintah. Lakukanlah protokol kesehatan dan terapkan budaya hidup sehat, bersama kita bisa melawan pandemi Covid-19 ini! Apakah HKN tahun ini bisa benar-benar menyemangati pemerintah dan menyadarkan masyarakat agar konsisten membangun kesehatan?

Berkaitan dengan peringatan HKN tahun ini sebaiknya kita banyak-banyak merenung. Masalah kesehatan di Indonesia bukan cuma pandemi Covid-19. Selain pandemi, masih banyak masalah kesehatan yang belum tertangani secara optimal.

Jauh jauh Sebelum pandemi datang dan memporakporandakan negeri tercinta ini, direncanakan pemerintah memiliki setidaknya lima fokus penanganan kesehatan pada tahun 2020 yaitu pengendalian Stunting, penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI/AKB), Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Germas, dan Tata Kelola Sistem Kesehatan.

Kemudian apakah Pemerintah mampu fokus menangani lima masalah kesehatan tersebut sekaligus fokus kepada penanganan pandemi covid-19? Saya sih masih yakin Pemerintah mampu.

Meskipun pandemi berusaha mengacaukan fokus, saya percaya pemerintah kita tidak kehilangan fokus untuk menangani masalah kesehatan lainnya. Contoh bahwa pemerintah tak kehilangan fokus penanganan masalah kesehatan lainnya bisa dilihat dari masih updatenya berita penanganan stunting

Kok cuma stunting?

Untuk bagaimana progres pemerintah dalam penanganan empat masalah kesehatan lainnya pada tahun 2020 silahkan cari dan tagih sendiri ya. Pokoknya, kawal terus!

Kita sebagai masyarakat biasa juga semestinya ikut berperan aktif dalam membangun kesehatan Negeri ini menjadi lebih baik. Di mulai dari diri sendiri dengan menerapkan Germas biar kita selalu sehat. Cukupi gizi dan saling peduli antar tetangga agar anak-anak kita tumbuh sehat, agar bayi-bayi tidak mati, agar ibu-ibu tidak banyak lagi yang mati.

Begitulah hakikat dari tema HKN 2020 “Satukan tekad menuju Indonesia Sehat” Baik pemerintah maupun masyarakat, mengobarkan tekad di hati untuk membangun kesehatan adalah kunci.

Ketika sudah berkobar, bersatulah dengan perwujudan konsisten dalam menerapkan gaya hidup sehat dalam rutinitas sehari-hari. sehingga menjadi cambuk yang menyadarkan saya agar terus sehat dan terus menjaga kesehatan diri dan keluarga

Dengan menyatukan tekad dan bahu membahu antara Pemerintah dan masyarakat saling mendukung, maka impian “Indonesia sehat” akan mudah menjadi kenyataan.

Adapun sub tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19” pasti sudah bisa dipahami Sub tema HKN 2020 ini mengingatkan kita bahwa pandemi covid-19 belum berakhir! Pandemi merupakan ancaman yang berbahaya dan mematikan.

Meskipun kita sudah bisa agak bebas menjalani aktifitas sehari-hari., HKN 2020 ini kembali mengingatkan kita untuk tidak lengah dengan kembalinya semua kebebasan beraktifitas tersebut.

Hari Kesehatan Nasional 2020 akan kita rayakan pada tanggal 12 November 2020. Walau berada dalam kondisi mencekam, kita tidak boleh menyerah atau putus asa, sesuai dengan tema yang diberikan pemerintah.

Lakukanlah protokol kesehatan dan terapkan budaya hidup sehat, bersama kita bisa melawan pandemi Covid-19 ini! Jangan kendurkan langkah untuk tetap menjaga dan saling menjaga dari ancaman corona melalui penerapan protokol kesehatan anti covid-19.

Pakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan memakai sabun, hindari berkerumun, jaga stamina dan sejenisnya. Jangan lupakan juga untuk berdoa agar Allah SWT untuk memberikan keselamatan bagi kita beserta seluruh elemen negeri kita tercinta. ***Dari Berbagai Sumber, Penulis adalah pemerhati masalah kesehatan.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *