Musim Panen Tiba, Harga Gabah Malah Anjlok

  • Whatsapp
MENGGILING : Seorang Pekerja di wilayah Kampung Lebak Jero, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar, saat menggiling padi di lahan pesawahnnya, Senin (18/01/2021).

SUKABUMI — Nasib malang kerap melanda kalangan petani di Kabupaten Sukabumi. Kali ini para petani di berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi, mengeluhkan soal penurunan harga gabah. Padahal pada saat ini, para petani sedang panen raya.

Seorang petani di Kampung Lebak Jero, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar, Muhammad Mustafa (47) menjelaskan, memasuki musim panen raya padi seperti saat ini, hampir semua harga gabah yang dijual oleh petani kepada para tengkulak, harganya mengalami penurunan.

Bacaan Lainnya

“Dari satu karung gabah basah dengan berat 50 kilogram, hanya diterima Rp350.000 ribu. Padahal, pada panen sebelumnya petani menjual gabah basah dengan harga kisaran Rp500 ribu bahkan bisa sampai Rp600 ribu,” jelas M Mustafa kepada Radar Sukabumi, Senin (18/01/2021).

Untuk itu, dirinya menilai harga gabah basah pada musim panen padi kali ini, relatif sangat rendah apabila dibandingkan dengan musim panen sebelum. Lantaran, dalam satu karung gabah kini hanya dihargai sebesar Rp250 ribu sampai Rp350 ribu per 50 kilogramnya.

“Musim panen padi kali ini, kami mengalami kerugian lumayan besar. Karena harga gabah yang diterima tengkuk tidak sebanding dengan biaya produksi,” paparnya.

Seorang pemilik penggilingan padi di Kampung Cibatu, Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar, Robiah (50) menjelaskan, membenarkan soal penurunan harga gabah tersebut. Dirinya menduga penurunan harga gabah saat memasuki panen raya padi itu, disebabkan oleh suplai yang melimpah dan menurunnya kualitas gabah.

“Selain itu, anjloknya harga gabah ini, juga disebabkan oleh panen raya serentak yang terjadi di hampir di setiap wilayah. Iya, suplai gabah yang melimpah disebabkan oleh masa panen raya yang membuat harga turun,” katanya.

Selain itu, harga gabah turun karena musim yang tidak terlalu bagus, berpengaruh pada kualitas gabah. Itu berimplikasi pada harga gabah.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *