Longsor Rusak Rumah Warga Parakansalak Sukabumi

Longsor Parakansalak
Petugas gabungan saat meninjau bencana tanah longsor yang menerjang rumah warga di Kampung Cibanteng, RT 32/09, Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak, Selasa (12/4).

PARAKANSALAK – Satu unit rumah warga di Parakansalak, Kabupaten Sukabumi rusak akibat diterjang bencana tanah longsor, Selasa (12/4). Rumah tersebut diketahui milik Pahrudin (39) warga Kampung Cibanteng, RT 32/09, Desa Sukakersa.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Wawan Godawan Saputra mengatakan, bencana tanah longsor tersebut terjadi pada pukul 02.15 WIB. Penyebabnya yakni guyuran hujan dengan intensitas tinggi.

Bacaan Lainnya

“Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam itu, hanya saja satu unit rumah warga milik Pak Pahrudin mengalami kerusakan pada bagian dindingnya,” kata Wawan kepada Radar Sukabumi, Selasa (12/04).

Saat hujan deras, sambung Wawan, tebing setinggi 3 meter dengan lebar 1 meter dan panjang 15 meter, ambruk dan menimpa bangunan rumah warga tersebut.

“Iya, akibatnya dinding rumah milik Pak Pahrudin jebol setelah diterjang tanah longsor itu,” paparnya.

Untuk mengantisipasi bencana susulan, ujar Wawan, maka untuk sementara waktu seluruh keluarga Pahrudin yang berjumlah sembilan jiwa, kini harus rela dievakuasi ke tempat yang lebih aman, tepatnya ke rumah saudara terdekatnya.

“Selain itu, kamj juga melalui petugas dilapangan tidak henti-hentinya memberikan edukasi dan menghimbau kepada seluruh warga untuk tetap waspada terhadap potensi bencana alam,” pungkasnya. (Den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.