Libur Panjang, Sampah Jenis Ini Menumpuk di Pantai Citepus Sukabumi

  • Whatsapp

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Persoalan sampah di sejumlah objek wisata Kabupaten Sukabumi menjadi persoalan yang pelik dan tak kunjung usai. Tumpukan sampah berbagai jenis nyaris setiap hari ada, seperti pada libur panjang hari ini, Jumat (02/03).

Kali ini, tumpukan sampah yang didominasi potongan kayu, bambu, dan ranting berserakan di pesisir pantai, satu di antaranya yaitu di Citepus Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Menurut warga setempat tumpukan sampah itu merupakan kiriman dari sungai.

Bacaan Lainnya

Pantauan Radar Sukabumi, tumpukan sampah tersebut selain masih banyak mengambang di pantai, juga di pesisir pantai sudah banyak berserakan. “Sepertinya tumpukan sampah ini kiriman dari sungai Cibareno, karena arah datangnya dari sebelah barat ke timur,” ujar Asep (40).

Ia menjelaskan, sebenarnya sampah-sampah potongan kayu itu sudah terlihat di tengah pantai sejak Kamis (01/03) sekitar pukul 18:00 WIB. “Ya dari kemarin sudah menumpuk di tengah. Malamnya sekitar pukul 20:00 WIB sampai 21:00 WIB sampah tersebut sudah banyak ke pinggir pantai,” paparnya.

Saat ini dirinya bersama warga tengah membersihkan tumpukan sampah yang berserakan itu agar tidak terlihat kumuh. “Saat ini saya gerakan masyarakat sekitar pesisir terutama yang memiliki warung dan komunitas surfing untuk membersihkan sampah-sampah itu,” tandasnya.

Kondisi seperti itu, sangat disayangkan oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Citepus, Ilham Maulana. Menurutnya, tumpukan sampah itu terjadi akibat ulah oknum masyarakat yang seenaknya membuang sampah ke sungai.

“Ya, kurang kesadaraan masyarakat dalam membuang sampah, selain itu pemerintah juga seharunya memberikan solusi. Apalagi bukan pertama kali banyak tumpukan sampah di pantai,” tandasnya. (garis/rs)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *