Kades Citepus Sukabumi Sembulkan Asap ke Rumah Warga

Desa Citepus
Pelaksanaan fogging di Kampung/Desa Citepus Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi untuk memberantas penyakit DBD.

PALABUHANRATU – Pemerintah Desa Citepus Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi melakukan fogging atau penyemprotan asap insektisida untuk membunuh nyamuk dengan menyisir perkampungan.

Hal itu sebagai bentuk antisipasi penyebaran nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Citepus Koswara mengatakan, fogging dilaksanakan dengan menyisir sejumlah kampung, dari gang-gang pemukiman warga pun tidak luput dari penyemprotan insektisida.

“Kami keliling di RW 13 dan RW 14. Fogging ini kami lakukan berawal dari laporan masyarakat, karena ada beberapa warga yang sakit dengan kondisi trombositnya turun drastis sampai 90 ribu per mikroliter,” ujar Koswara kepada Radar Sukabumi di ruang kerjanya, Selasa (18/1).

Koswara menyebut, ada empat orang warga yang trombositnya berkurang drastis dari kondisi normal 150 ribu per mikroliter. Namun dari hasil laboratorium belum menjelaskan apakah itu akibat terjangkit DBB atau bukan.

“Satu warga yang trombositnya turun drastis sudah pulang, dua orang masih dirawat di RSUD Palabuhanratu, dan satu orang lagi harus dirujuk ke RSUD R. Syamsudin SH.

Kalau vonis DBD hasil labolatorium tidak dijelaskan, cuma masyarakat ketakutan (DBD), takutnya itu adalah gejala awal dari DBB makanya kita antisipasi dengan fogging,” paparnya.

Selain fogging, sambung Koswara, pihaknya akan melakukan bersih-bersih di lingkungan masyarakat, karena khawatir adanya bintik-bintik nyamuk, sarang nyamuk diakibat dari mengenangnya air atau lain sebagainya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.