KABUPATEN SUKABUMI

Jalan Raya Cibolang-Mangkalaya Kumuh

GUNUNGGURUH — Ketiadaan lahan untuk tempat penyimpanan sampah sementara mengakibatkan timbunan sampah berserakan di pinggiran Jalan Raya Cibolang – Mangkalaya, tepatnya di Kampung Legoknyenang, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Selasa (30/6). Hal tersebut menyebabkan terlihat kumuh.

Kondisi tumpukan sampah tersebut telah berlangsung selama bertahun-tahun. Tampak dari pijalan tumpukan sampah jenis plastik, tang yang sulit didaur ulang masih berserakan di pinggiran jalan yang berstatus jalan kabupaten tersebut.

Tak nampak petugas kebersihan satu pun yang memungut dan mengambil sampah-sampah yang berada di pinggir jalan raya tersebut.

Seorang warga Kampung Legoknyenang, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Saepullah (55) mengatakan, keberadaan sampah yang sudah menggunung serta berbau busuk ini, sudah lama terjadi di wilayah tersebut.

Sehingga, keberadaan gunungan sampah itu, dapat mencemari lingkungan sekitar. Lantaran, sampah tersebut dibuang oleh tangan-tangan oknum masyarakat yang tidak bertanggungjawab. Kendati demikian, karena tidak ada bak sampah atau menampungan sampah yang di sediakan oleh pemerintah.

“Sudah lama sampah itu menumpuk, bak gunung buatan yang berserakan kepinggir jalan. Bahkan, kondisinya hingga membusuk dan mengeluarkan baun menyengat,” jelas Saepullah kepada Radar Sukabumi, Selasa (30/6).

Para pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat, sambung Solihin, merasa terganggu dengan kebaraadan tumpukan sampah yang di penuhi dengan lalat tersebut. “Setipa warga maupun penumpang, jika melintasi jalan ini, pasti akan menutup hidungnya karena bau,” paparnya.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button