HUT Kodam ke 77 di Kabupaten Sukabumi, TNI Polri  dan Masyarakat Peduli Lingkungan

HUT Kodam III Siliwangi di Sukabumi
Tim gabungan TNI, Polri, masyarakat, anak sekolah dan unsur terkait lainnya melakukan bersih sampah di pantai Citepus

CISOLOK – Tim gabungan TNI, Polri, masyarakat dan unsur perangkat pemerintah kecamatan, desa, hingga anak anak sekolah bersihkan sampah yang berserakan di pantai Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan dalam rangka menyambut HUT Kodam III Siliwangi, dilakukan serentak jajaran TNI Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi tidak hanya di wilayah objek wisata pantai Citepus, Kecamatan Palabuhanratu namun juga di pantai Karanghawu, Kecamatan Cisolok.

Bacaan Lainnya

Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo melalui Danramil Palabuhanratu Kapten Inf Maman Sulaeman mengatakan, kegiatan bersih bersih sampah dilakukan dalam rangka ulang tahun Kodam III Siliwangi ke 77 tahun 2023.

“Kita Kodim 0622 khususnya Koramil melaksanakan pembersihan pantai dengan seluruh elemen masyarakat. Untuk acara inti sendiri Kodim 0622 melaksanakan penanaman mangrove di pantai Palangpang Ciemas,” ujar Maman. Senin, (15/5).

“Nah untuk bersih bersih di Pantai, Kodim mulai dari Koramil Cisolok, Koramil Palabuhanratu termasuk wilayah koramil lain melaksanakan giat bersih bersih di fasilitas fasilitas umum secara serentak hari ini,” imbuhnya.

Adapun yang terlibat dalam kegiatan bersih bersih, kata Maman lagi, jajaran TNI Kodim 0622 bekerjasama dengan jajaran forum komunikasi pimpinan kecamatan, dinas lingkungan hidup, sekretariat daerah, kepolisian, seluruh elemen masyarakat terkait dan juga unsur perusahaan.
“Dalam HUT Kodam kita peduli dengan lingkungan, Palabuhanratu ini ikon nya pantai Citepus, kami sangat peduli dengan kebersihan, terutama dampak dari liburan kemarin, makanya kami menggagas bersama forkompimcam melakukan ini,” jelasnya.

Sementara itu, camat Palabuhanratu Ali Iskandar mengapresiasi kegiatan yang di gagas TNI Kodim 0622, menurutnya merupakan momentum bagus dalam mewujudkan manunggalnya TNI dengan masyarakat, terlebih kegiatan bertema bakti TNI tersebut diikuti antusias oleh seluruh elemen terkait termasuk masyarakat.
“Kami bersyukur yang hadir di luar expetasi, banyak komponen yang hadir, ini menindikasi bahwa kecintaan terhadap TNI di kacamatan Palabuhanratu sangat luar biasa, dapat terlihat masyarakat bahu membahu bersama TNI,” bebernya.

“Di kegiatan bersama ini kami pun melakukan pembinaan penguatan terhadap para pedagang di tempat wisata, agar bisa menjadi mitra, someah hade ka semah agar terwujudnya pariwisata yang sehat sebagai mana sapta pesona,” ucapnya.

Dilokasi berbeda, camat Cisolok Asep Rusli Rusmawiajaya berharap dengan dilaksanakan kegiatan tersebut, menjadi motivasi bagi seluruh unsur terkait yang terlibat untuk selalu menjaga kebersihan baik di kawasan wisata maupun di lingkungan masyarakat masing masing.
“Mudah mudahan kegiatan ini bisa bermakna bisa menjadikan bahan untuk semua untuk menjaga kebersihan pantai, juga untuk penataan penataan yang lain nanti,” timpalnya.

“Ini bisa menjadikan barometer ditempat pariwisata untuk lebih baik lagi, agar lingkungan pariwisata tidak lagi ramai masalah sampah seperti sebelum sebelumnya,” tandasnya. (ndi).

Pos terkait